Marzuki Alie Mempertanyakan Gugatan untuk Dirinya

                    Marzuki saat dicegat wartawan

Cipasera -  Dua kali proses mediasi agar terjadi perdamaian antara DPP Partai Demokrat sebagai penggugat versus  11 orang tergugat mantan politisi  partai berlambangkan mercy itu, gagal. 

Menurut Mantan Ketua DPR 2009-2014 Marzuki Ali, proses mediasi yang kedua ini bagian prinsipal baik penggugat maupun tergugatnya. Sayangnya pihak penggugat dalam hal ini AHY hanya diwakili oleh kuasa hukumnya.

"Ini proses mediasi yang merupakan bagian dari prinsipal dimana tidak boleh diwakili oleh pihak kuasa hukum. Setelah 2 kali tidak hadir maka menurut kami pihak penggugat itu sudah memiliki itikad  tidak baik. Saya tidak tahu penyebabnya apa sehingga penggugat tidak bisa hadir," kata mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Ali kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Marzuki menambahkan,  dalam kasus gugatan untuk dirinya, sungguh tidak bisa dimengerti. Pasalnya politisi asal Palembang ini justru merasa sedang dizalimi oleh pengurus DPP Partai Demokrat.

" Ada empat kezaliman yang saya terima,  pertama saya dikhianati. Awal pendirian berkomitmen membangun PD sebagai partai modern, partai terbuka dan bukan dinasti. Namun sejak 2013 sudah mulai mengarah menjadi dinasti, sekarang  2021 terbukti menjadi dinasti dengan menempatkan Ketum dan Ketua MT menjadi penguasa tertinggi. Diatur sedemikian rupa PD menjadi milk keluarga. Kedua saya difitnah, dituduh ikut menggalang KLB. Ketiga, saya dipecat dan dituduh sebagai penghianat tanpa proses peradilan partai, dan terakhir dituntut melakukan perbuatan melanggar hukum, yang tidak jelas kejahatan apa yang saya lakukan," kata Marzuki Ali.

Marzuki mempertanyakan alasan dirinya dizalimi oleh para kaum muda yang ada di DPP saat ini, mengingat dirinya salah satu dari pendiri partai dan turut mengenalkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tadinya Nobody menjadi Somebody. Pria yang memiliki dua anak ini menegaskan, selama membangun demokrat dan menjabat sebagai Sekjen, dirinya tidak menerima gaji sedikit pun dari partai.

"Saya ikhlaskan hal itu karena melihat cita-cita pendirian PD itu mulia. Saya tinggalkan jabatan sebagai direktur di perusahaan BUMN. Saya mulai lakukan pelatihan kader PD di seluruh Indonesia. Metode pelatihannya saya buat sendiri yang terdiri dari outbond untuk memahami kebersamaan antar sesama kader, leadership, pemahaman platform partai dan terakhir marketing politik untuk mengenalkan partai dan figur SBY," kata Marzuki Ali.

"Bagaimana mungkin saya yang membesarkan PD dari nothing menjadi something dan SBY dari Nobody, menjadi somebody dicap sebagai penghianat.  Dan yang paling memprihatinkan, mereka menyusun AD/ART yang melanggar UU Parpol, Tidak ada demokrasi di Internal PD karena kekuasaan mutlak yang berada di Ketua Umum dan Ketua Majelis Tinggi, menyimpang jauh dari cita-cita awal mendirikan PD," kata Marzuki Ali yang mengenakan baju batik bercorak coklat.

Oligarki politik dalam sebuah parpol apalagi hanya dikendalikan oleh beberapa orang saja dinilai Marzuki bisa merusak masa depan bangsa. Dan dia menambahkan perdamaian yang diharapkan dari proses mediasi tidak akan mampu mengubah pola pengelolaan demokrat saat ini.(rls)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel