Akun Twitter Ade Armando dan Deny Siregar Disuspend. Ini Latarnya



Cipasera - Sejumlah akun Twitter milik  Ade Armando, Denny Siregar, Eko Kuntadhi dan Ferdinand Hutaean kena suspend alias dibobol hacker. Suspend terhadap orang yang dijuluki buzzerRp oleh netizen  ini menjadi sorotan publik.

Dari keempat orang tersebut, saat ini baru dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando yang sudah menanggapi prihal disuspendnya akun miliknya @adearmando1. Menurutnya, hal itu disebabkan adanya pasukan siber yang tidak menyukai setiap kicauannya di Twitter.

“Ya itu kan biasa, dan mereka beramai-ramai melaporkan saya ke Twitter,” ujarnya, Ahad (8/8).

Ade Armando menuding, pasukan siber yang tidak menyukainya memiliki skala besar. Sehingga, pihak Twitter, kata dia, menilai perlu melakukan suspend terhadap akunnya.

“Mungkin karena pasukannya besar, Twitter merasa perlu mensuspend saya,” ujarnya.

Dimungkinkan, kata Ade, ada kekuatan lain di belakang pasukan cyber itu. Utamanya, yang mampu membayar pasukan dengan dana besar.

“Ini artinya ada kekuatan yang saya duga membayar dengan dana besar pasukan tersebut,” sebutnya.

Hingga kini, Ade menyebut masih belum memiliki rencana untuk kembali membuat akun Twitter. Diketahui, Twitter memang kerap melakukan suspend karena adanya aktivitas spam, menyebarkan berita palsu, dan membuat rentan terkait keamanan pengguna Twitter lainnya.

Dia menyebutkan, ada bukti jika akun @HantamBuzzer menjadi salah satu pihak yang menyebabkan akunnya mengalami suspend. Pasalnya, dalam salah satu unggahan akun itu, kata Ade, menyebutkan jika akun @adearmando1 sudah ‘Tango Down’ (ungkapan yang biasa dilontarkan pasukan khusus AS setelah menghilangkan musuh).

Dengan hilang akun empat orang tersebut disambut  ramai warganet dengan mengusung hashtag #BuzzeRp yang menjadi salah satu trending di Twitter pada Ahad (8/8) pagi.

Dujetahui, suspend Twitter adalah penalti berupa penangguhan atau pembekuan akun Twitter yang diberikan kepada akun Twitter yang melanggar aturan. Suspend juga bisa terjadi akibat kesalahan system, namun tidak bisa dipungkiri, suspend lebih banyak terjadi akibat ketidak tahuan pengguna akan aturan-aturan Twitter.

Di Twitter sendiri terdapat aturan-aturan yang harus pengguna taati, aturan ini dibuat untuk kenyamanan dan keamanan pengguna secara keseluruhan. Nah, mereka yang melanggar aturan, biasanya melakukan hal-hal yang mengganggu kenyamanan ataupun keamanan pengguna lain, baik mereka sadari ataupun tidak sadari. (Red/tajd)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel