Atasi Macet Mudik Ke Merak, Polisi Siapkan Pola Merah Hijau Kuning

Kombes Budi Mulyanto

Cipasera - Polda Banten telah mempersiapkan pola penanganan mengatasi kemacetan menuju Pelabuhan Merak saat mudik lebaran 2022.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto mengatakan, penanganan kemacetan  menuju Pelabuhan Merak ini sangat penting, mengingat antrian tersebut akan berdampak luas. Untuk itu akan dilakukan penanganan  kemacetan dalam pola tiga situasi hijau, kuning dan merah. 

 "Untuk situasi hijau, kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal.  Kuning terjadi antrian kendaraan sampai dengan keluar Pelabuhan Merak, dan situasi Merah Pelabuhan Merak padat, adanya antrian sampai dengan pintu tol Merak, "papar Budi, Selasa 19/4/2022.

Dalam mengatasi situasi tersebut akan melakukan pengamanan maksimal. "Jika terjadi kemacetan seperti halnya pada situasi merah akan ada penambahan jumlah personel yang mengatur, akan ada penyekatan kendaraan mobil di  fly over Cikuasa Atas, pos sekat akan melakukan buka tutup kendaraan," kata Budi seraya menambahkan,  akan melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan jalur tol arah Merak di arahkan ke jalur Arteri melalui Cilegon Timur.

Demikian pula, kata Budi,  untuk situasi kuning jika terjadi antrian kendaraan sampai dengan Pelabuhan Merak akan ada penambahan personel yang mengatur lalu lintas, dan akan ada penyekatan kendaraan mobil di Fly Over Cikuasa Atas, sedangkan jika situasi hijau kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal personel siaga di Pos dan melaksanakan Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali).

Sementara itu Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Humas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Red/rls)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel