Pilar Tinjau Proyek Anti Banjir



Cipasera - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan kembali meninjau proyek pengendalian banjir. Ada dua titik lokasi pembangunan tandon dan tanggul yang hari ini didatanginya bersama rombongan.

Kedua yakni pembangunan di tandon Puri Bintaro Hijau 2 RT 002/RW 012, Kelurahan/Kecamatan Pondok Aren, dan penataan Kali Engram Gintung segmen Griya Mandiri di Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

"Saya berharap masyarakat dapat menjaga tandon kita," katanya di Puri Bintaro Hijau, Kecamatan Pondok Aren, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, tandon berfungsi sebagai tempat penampungan air. Aliran air dari pemukiman sekitar yang biasa tergenang saat curah hujan tinggi maka dialirkan ke tandon tersebut.

"Jangan buang sampah sembarangan," terangnya. Pilar bilang, sementara penataan Kali Engram diperlebar untuk memperlancar aliran air dari perumahan warga ujungnya ke Situ Gintung.

Diameter lebar Kali Engram ditambah dari awalnya 2,5 meter menjadi 2,8 meter. Bibir aliran kali dibangun tanggul sepanjang 542 meter.

"Tapi Alhamdulillah ini sampai ke jembatan sudah 70 persen insya Allah sampai akhir November atau awal  Desember sudah selesai," jelas Pilar di Jalan Purnawarman, Pisangan.

Ia melihat masalah klasik yang bukan hanya terjadi seperti di Kota Tangsel saja tapi diyakini juga daerah lainnya. Masih banyak masyarakat yang membangun hunian atau tempat usaha yang menjorok ke daerah aliran sungai.

Pilar berjanji mulai tahun depan akan melakukan penertiban terhadap bangunan yang berada di garis sepadan sungai. Ia telah berpesan kepada lurah untuk segera melakukan komunikasi dengan warga pemilik bangunan.

"Walaupun merasa sudah lama tapi saya yakin sekarang warga masyarakat sadar kepentingan umum adalah hal yang utama," tegasnya. (Ris)


"Sebelumnya kalau hujan banjir beberapa jam. Tapi sekarang hanya genangan air dan itupun cepat surut," ujarnya. Tri Utami berjanji bersama warga sekitar akan menjaga aset tandon agar lingkungan Puri Bintaro Hijau tak lagi banjir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel