Aplikasi Stuting Diluncurkan PKK Banten.



Cipasera - e-dasawisma, aplikasi pendampingan keluarga stunting diluncurkan pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 di KP3B Curug, Kota Serang. Kamis, 15/12/2022. Penanganan stunting menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi Banten.

"Aplikasi e-dasawisma merupakan dukungan dalam pelaksanaan program pendampingan keluarga stunting dan keluarga berisiko stunting di Provinsi Banten," ungkap Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar

Dijelaskan, aplikasi e-dasawisma merupakan terobosan baru hasil kolaborasi TP PKK Provinsi Banten dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lahir sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam menekan angka stunting. 

"Di dalam aplikasi tersebut,terdapat beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para kader (pendamping), keluarga stunting dan masyarakat umum seperti fitur edukasi, pelaporan dan fitur e-learning," ungkapnya.

Dijelaskan Tine, dalam fitur edukasi terdapat materi atau informasi yang bisa diakses para pengguna terkait dengan pola hidup sehat, makanan bergizi, sanitasi yang baik dan asupan makanan bergizi bagi anak.

Kemudian, lanjutnya, ada juga fitur pelaporan, digunakan sebagai sarana komunikasi dua arah antara pendamping dengan pemangku kebijakan terhadap persoalan yang dihadapi di lapangan. Sehingga dengan begitu, Pemerintah bisa mendapat gambaran untuk melakukan intervensi.

Tine juga berharap dengan adanya aplikasi edukasi dan pelaporan e-dasawisma ini  dapat menjadikan para pengurus menggerakan semua kinerjanya untuk melakukan pendampingan stunting yang bisa dilakukan pada keluarga yang ada di pelosok daerah di Provinsi Banten. 

“Melalui aplikasi ini juga ada sekolah berbasis online untuk para kader sehingga saya harap kader-kader ini mampu mendampingi keluarga yang beresiko stunting,” ungkapnya.


Di kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Pemerintahan Provinsi Banten mendukung TP PKK Provinsi Banten berkolaborasi dalam memberikan solusi bagi permasalahan masyarakat Banten terutama dalam hal stunting.*





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel