Hunian Hotel Di Banten Hingga 28 Desember Mencapai 80%


Cipasera - Dibentuk Tim Siaga Wisata bekerja sama dengan badan penyelamat wisata air tirta (Balawista)  menerjunkan  200 personil, untuk menjaga kenyamanan para wisatawan pada Nataru 2023. Mereka  disebar di seluruh wilayah Provinsi Banten. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Al Hamidi menjelaskan, wilayah Provinsi Banten menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada Nataru kali diprediksi kunjungan wisatawan ke Banten meningkat.

 “Kami  berupaya meningkatkan keamanan, keselamatan serta kenyamanan bagi wisatawan,” kata Hamidi, Kamis 29/12/2022.

Al Hamidi memaparkan, selain Tim Siaga Wisata, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, BPBD, Dinas Perhubungan, Sinas Kesehatan, Dinas Pariwisata Kabupaten/ Kota, masyarakat serta pihak terkait lainnya menghadapi liburan.

Sejumlah posko terpadu didirikan dibeberapa titik, diantaranya berada di titik nol/ mercusuar Anyer, Carita tourism crisis center, daerah tanjung lesung sampai Cilograng, serta Tangerang Raya.

Masih menurut Al Hamidi, personil yang diterjunkan sudah tersertifikasi dalam penyelamatan dan kedaruratan wisata, khususnya air. Dan sebelumnya sudah dilakukan pelatihan bekerjasama dengan Polda Banten, TNI AD, TNI AL (Lanal) Banten, dan tenaga ahli bidang kesehatan. 

Terkait kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten, Al Hamidi optimis akan meningkat. “Tingkat hunian hotel sampai 28 Desember 2022, rata - rata mencapai 80% dari sekitar 4000 kamar hotel yang tersedia di Provinsi Banten. Insya Allah akan meningkat pada Tahun Baru 2023,” katanya.

Al Hamidi mengakui curah hujan akhir- akhir ini tinggi,  potensi gelombang tinggi, namun hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan serta tingkat hunian hotel sejalan dengan trend wisata staycation.

Selain itu, akses menuju destinasi wisata mulai dari bandar udara, jalan tol, rel kereta api hingga kondisi jalan yang bagus menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Provinsi Banten. Selain itu, wilayah Provinsi Banten tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta. (Ris)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel