Indentitas Digital Diperkebalkan Di Polres Metro Tangerang



Cipasera -  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memperkenalkan dan aktivasi  identitas kependudukan digital menggantikan data diri fisik (KTP) kepada anggota   Polres Metro Tangerang Kota, Rabu, 15/2/2023

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil, Kota Tangerang, Sri Warsini mengatakan, tahap awal Disdukcapil berupaya menyasar, mendekatkan dan memudahkan para petugas pelayanan masyarakat seperti ASN dan Kepolisian.

“Dalam keberlanjutannya mereka dapat menjadi corong sosialisasi yang lebih luas lagi ke masyarakat terkait kepemilikan identitas kependudukan digital di Kota Tangerang,” ungkap Sri.

Ia pun menyatakan, untuk  masyarakat yang berminat aktivasu bisa  mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore dan melakukan verifikasi data. 


Namun, penduduk yang ingin mengaktivasi data kependudukan digital perlu didampingi petugas Disdukcapil. Pasalnya, pada prosesnya membutuhkan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

Sri melanjutkan, dalam prosesnya ada scan QR Code yang hanya dapat dilakukan oleh petugas Disdukcapil. Maka  masyarakat dapat memanfaatkan berbagai loket aktivasi identitas kependudukan digital yang telah dibuka di Kota Tangerang. Loket 104 kelurahan, 13 kecamatan, loket Mal Pelayanan Publik (MPP), loket kantor Disdukcapil, loket pelayanan di Tangcity Mal lantai 2 dan loket di Icon Walk Mal.

Lanjutnya, selama aplikasi Identitas Kependudukan Digital sudah didownload, proses aktivasi  hanya butuh waktu sekira tiga menit. 

Memiliki identitas kependudukan digital tentunya banyak manfaatnya. Selain terdapat file KTP dan Kartu Keluarga secara digital, juga terdapat data kartu vaksin, data NPWP, data kepegawaian oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan data Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Diakhir Sri menghimbau untuk bergeser dari e-KTP fisik menjadi identitas kependudukan digital. Caranya mudah, cepat dan manfaatnya secara bertahap akan diperluas oleh Kementerian. Sehingga data kependudukan akan selesai dalam satu aplikasi atau dalam genggaman smartphone kita saja.(ris)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel