1200 Orang Baduy Seba Ke Rangkasbitung. 10000 Wisatawan Akan Hadir

    Seba Baduy            (Foto: Ist)

Cipasera - Acara tradisi tahunan masyarakat Baduy yang dikenal dengan nama Tradisi Seba Baduy  digelar di Alun- alun Rangkasbitung, Lebak, Banten 27 - 30 April 2023. 

Pemkab Lebak sendiri menyambut Seba Baduy yang diikuti 1200 orang Baduy tersebut dengan berbagai acara, diantaranya pameran produk UKM. Sebab acara tersebut termasuk event nasional.

"Terkonfirmasi  1.200 an orang Baduy  ikut Seba. Sementara pengunjungnya diperkirakan  bisa lebih dari 10 ribu pengunjung," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan, Jumat, 28/4/2023.

Perkiraan pengunjung, kata Iti karena adanya perpanjangan cuti libur lebaran menjadi pemicu bakal ramainya kunjungan di Seba Baduy tahun ini. 

"Malah beberapa kepala daerah di luar Provinsi Banten juga akan datang. Sudah konfirmasi mau hadir, semoga tidak bentrok. Ini karena ada perpanjangan cuti lebaran jadi semoga lancar," tuturnya.

Dalam acara yang dipusatkan di alun alun Rangkasbitung itu, Pemerintah Kabupaten Lebak menggelar  bermacam acara hasil industri UMKM, pameran hitam putih, dan camping ground. Juga  penampilan kesenian, bincang budaya, gelar permainan tradisional, dan lomba foto on the spot Seba Baduy. 

Tradisi Seba Baduy merupakan upacara tahunan yang dilakukan masyarakat adat Baduy. Masyarakat adat Baduy akan menghitung tanggal pelaksanaan Seba sesuai kalender adat mereka. Selain seba ke bupati, masyarakat baduy juga akan berjalan kaki menuju kantor Gubernur di Serang. Mereka akan dialog dengan Gubernur. (Red/t)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel