Mencari Penerus di Banten, Pepadi Gelar Festival Dalang 2023


Cipasera - Paguyuban Pasundan Banten dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) menggelar Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023, 27 - 28 April 2023 bertempat di Gedung Juang 45, Serang Banten. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani berharap dengan Festival Dalang Anak tersebut dapat menjadi salah satu upaya dalam melestarikan dan mengembangkan pedalangan di Provinsi Banten.

Tabrani mengungkapkan dari hasil perlombaan Festival Dalang Anak tersebut, nantinya akan menjadi perwakilan Provinsi Banten dalam mengikuti Festival Dalang Anak Tingkat Nasional.

"Mudah-mudahan ada hasil terbaik yang nanti hasil terbaiknya akan dikirim ke tingkat nasional, untuk mengikuti festival dalang anak tingkat nasional," kata Tabrani.

Dikatakannya, selain perlombaan dalang anak, dalam festival tersebut juga terdapat workshop mengenai teknik bermain wayang golek serta menyusun cerita untuk keperluan festival yang langsung diberikan oleh ahli dalang dari Jawa Barat.

Tabrani juga berharap dengan adanya workshop tersebut dapat mendorong para pedalang anak agar terus berkreasi dan dapat menorehkan prestasi kedepannya.

"Mudah-mudahan nanti menuju tingkat nasional itu bisa meraih prestasi yang terbaik untuk Provinsi Banten," imbuhnya.

Sementara, Kabid Kebudayaan pada Dindikbud Provinsi Banten Bara Hudaya mengatakan tujuan digelarnya Festival Dalang Anak tersebut untuk menggali potensi dalang anak yang ada di Provinsi Banten.

"Diharapkan ada dalang-dalang cilik di Provinsi Banten agar membuat ekosistem dalang di Provinsi Banten," tandasnya.*



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel