Inflasi Rendah Di Banten Berkat Kerjasama Dengan Pemkab dan Pemkot

Lancarnya pasok sembako bikin inflasi rendah 


Cipasera - Inflasi year-on-year (y-on-y) Provinsi Banten berada pada 3,77 persen pada bulan April tahun ini. Angka tersebut  di bawah angka inflasi nasional yang mencapai 4,33 persen. 

Angka inflasi tersebut terungkap dalam  Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian secara virtual,  Rabu 3/5/2023.

Data inflasi pada April 2023 itu juga memperlihatkan keadaan ekonomi makro pada saat bulan Ramadan, dan untuk inflasi month-to-month (m-t-m) Provinsi Banten pada April 2023 berada di 0,58 persen.

"Data inflasi seperti ini juga menerangkan beberapa keadaan makro ekonomi kita, utamanya dalam konteks harga-harga di bulan Ramadan sampai dengan Lebaran dan juga terkait dengan komoditi-komoditi pokok di rentang waktu tersebut," kata Pj Gubernur Muktabar, di Pendopo, Kota Serang 3/5/23.

Angka inflasi  tersebut terkendali karena  Provinsi Banten menggunakan metode bottom up dan top down yang saling menguatkan  bersama  Pemerintah Kabupaten/Kota serta stakeholder lainnya.

Tidak hanya itu, Pemprov Banreb   juga menggandeng pelaku usaha, BUMD dan PKK dalam pengendalian inflasi.

"Jadi ini pendekatan komprehensif dan integral kita bersama dalam pengendalian inflasi, hasilnya cukup baik di situasi global dan nasional," kata Pj Gubernur. (Ris)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel