Upacara Hardiknas Digelar Di Cilenggang. Kadis Dindikbud: Selain Upacara, Berbagai Lomba Diadakan

     Walikota saat memimpin upacara

Cipasera - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Deden Deni dan Sekretaris Dinas Muslim Noor beserta jajarannya mengikuti  Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah dengan Inspektur Walikota Tangsel Benyamin Davnie di Lapangan Cilenggang, Serpong, 9 Mei 2023.

Deden Deni mengatakan,  peringatan Hardiknas pada hari ini Selasa 8 Mei 2023  merupakan rangkaian yang telah kegiatan peringatan yang  dilaksanakan Disdikbud Tangsel sejak Hardiknas  02 Mei 2023.

“Sebelum upacara di Cilenggang,  kami  telah menggelar upacara memperingati Hardiknas di tingkat sekolah masing- masing di seluruh Tangsel yang diikuti oleh guru dan  kepala sekolah," kata Deden. 

Selain itu, kata Deden, juga digelar deklarasi ramah anak di seluruh sekolah,  lomba ilmiah, gerak jalan, seminar pendidikan dan nanti juga ada pawai budaya, pembacaan kitab kuning juga penampilan kesenian.

Ditambahkan oleh Deden, rangkaian kegiatan dalam memperingati Hardiknas tahun ini sebagai pendorong  untuk   mengejar ketinggalan proses belajar bagi siswa - siswi usai pandemi dan meningkatkan program belajar dengan  kurikulum Merdeka.

“Ini sebagai bentuk kembali ke kondisi normal, kita mengejar ketertinggalan selama 2 tahun. Kekosongan pembelajaran selama pandemi ini dapat dikejar  melalui kurikulum Merdeka. Kalau tahun kemarin hanya apel saja . Tapi di tahun ini kita meriahkan Hari Pendidikan Nasional berbagai kegiatan," terangnya.

Deden melanjutkan, Disdikbud Tangsel akan terus menargetkan sarana dan prasarana akses pendidikan di seluruh wilayah Kota Tangsel.

“Targetnya kan sesuai dengan target pak walikota, yaitu meningkatkan akses pendidikan dan meningkatkan pendidikan," ujar mantan Kadis Koperasi dan  UKM ini. "Semua kecamatan Kota Tangsel saat ini sudah ada Paud, TK, SD dan SMP, dan untuk tahun ini juga menambahkan kuota beasiswa bagi yang tidak diterima di negeri."

     Benyamin dan siswa- siswi usai upacara


Sementara itu, Walikota Benyamin Davnie dalam amanatnya mengatakan, dengan adanya kurikulum merdeka, para guru diharapkan untuk terus berinovasi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

"Dulu guru-guru diikat dengan peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas," ujar Benyamin.

Untuk itu, ia mengharapkan guru dapat memanfaatkan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan, literasi, dan karakter bagi para peserta didik.

Ditambah lagi saat ini dukungan  bantuan dana pendidikan yang fleksibel dapat dimanfaatkan pula untuk pengembangan kualitas pendidikan. Sehingga mampu menciptakan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan pendidikan.(ad)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel