Teknologi Tepat Guna Digelar Di ITI Serpong. Dibuka Pj Gubernur

Salah satu peserta mempraktikan kreasinya


Cipasera - Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XVII Tingkat Provinsi Banten 2023 di Institut Teknologi Indonesia,  Serpong, Kota Tangerang Selatan dibuka, Selasa, 9/5/2023. 

Dalam laporannya  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Banten Usman  Asshidiqi Qohara mengatakan, Gelar Teknologi Tepat Guna untuk menyebarluaskan teknologi tepat guna, memperkenalkan jenis teknologi tepat guna kepada masyarakat, serta sebagai salah satu persiapan untuk menjaring peserta Gelar TTG tingkat Nasional dari Provinsi Banten.

Ada  3 kategori yang dilombakan,  kategori Inovasi TTG, TTG Unggulan, dan Posyantek yang berprestasi. Masing-masing kategori, juara pertamanya akan dilombakan ke tingkat Nasional di Provinsi Lampung. 

Para peserta atau perwakilan merupakan juara TTG di tingkat Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten, yakni Kategori Inovasi dari Kabupaten Serang Ratu Naula Salsabila Inovasi yang dilombakan Alat Penghasil Air Demin dan Air AC; Kabupaten Tangerang H. Juhdi Tembela Kembar untuk penanaman tanaman Ekonomi, Rifki Muhida alat inovasi yang dilombakan Autobot (Automation Guide Delivery Robot); Kota Tangerang Selatan  Enjerika Kristifani dan Tim dengan alat inovasi Bata Roster Berbahan paper Slide, Ahmad Noor Idham dan Tim akat inovasi Manggot Rumah, Aqila Afaaf Azizah Salsa dan Tim Alat Inovasi Aplikasi Asesmen Matematika terstruktur; Kabupaten Pandeglang Misda dengan Alat inovasi Antena TV Digital. Dan Peserta dari Kota Cilegon Salman dengan Alat Inovasi yang dilombakan Tungku Sangkrah (alat pengolah sampah), Amrizal Termoform (Alat pencetakan kemasan serbaguna); dan, Sri Mulia alat inovasi Tobong Sepakat (Alat pengolah sampah berbagai manfaat).

Untuk Kategori TTG Unggulan dari kabupaten Serang Roihan Najat dengan alat inovasi Mesin Peleleh Plastik berbasis tenaga listrik, Kabupaten Tangerang Fanji Fathurrahman dengan alat inovasi Audio Feeder VVA Wahaji (Wanakerta Handal dan Teruji); Tangerang Selatan Muhammad Fahri dan Tim dengan alat mesin pencacah daun, dan Diandra Aila Rizqita dengan alat inovasi Pemanfaatan Banjir menjadi air bersih. Serta peserta dari Kota Cilegon Wahyudi dengan alat inovasi Pelipur Lara (Pengelolaan limbah RPH). 


Sedangkan kategori lomba Posyantek berprestasi dari Kota Cilegon yaitu Posyantek Semangat Bina Lingkungan dari Kelurahan Gedong Dalem, Posyantek Mekar Abadi dari Kelurahan Mekarsari, Posyantek Sepakat dari Kelurahan Purwakarta, Posyantek Tangguh dari Kelurahan Sukmajaya dsn Posyantek Amin dari Kelurahan Panggung Rawi.

"Salah satu langkah dalam memberdayakan masyarakat adalah menggiatkan teknologi tepat guna," kata Pj Gubernur Banten  Al Muktabar saat membuka pameran.(red/hm)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel