Jelang Idul Kurban, 5000 Lebih Hewan di Tangerang Divaksin



Cipasera - Untuk mencegah  penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK)  menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H,  sebanyak 5.307 hewan ternak sapi, kerbau, kambing dan domba telah di vaksin di Kab Tangerang.

Hal itu dikataksn Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika di Tangerang. 

"Kita dapat kuota dosis vaksin PMK itu sebanyak 10 ribu. Namun, baru kita vaksin 5.307 hewan ternak," kata Asep Jatnika di Tangerang seperti dikutip Antara,  Kamis 15/6/23 

Asep menambahkan,  vaksinasi dilakukan secara bertahap namun menjelang Hari Raya Idul Adha dihentikan demi efektifitas.

"Sudah berjalan. Tapi menjelang Idul Adha kita berhenti dulu, masalahnya kalau divaksin terus disembelih sayang, nanti setelah Idul Adha dilanjutkan lagi," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari 5.307 hewan ternak yang sudah divaksinasi itu terdiri atas 2.275 ekor sapi, 109 ekor kerbau, 269 ekor kambing dan 2.654 ekor domba. Vaksinasi sendiri dilakukan seratusan petugas dengan berkeliling ke peternakan di 29 kecamatan.

Ia mengaku dalam pelaksanaan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut, pihaknya menerjunkan ratusan petugas yang telah beroperasi ke lokasi peternakan di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang. (Red/Ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel