Versi Taufik Rachman Ruki: Begini Kriteria Calon Gubernur Banten


Cipasera - Ketua Umum PUB (Persatuan Urang Banten)   Taufiqurrahman Ruki mengkritik Banten. Katanya, ia prihatin karena proses  pembangunan di Banten masih sangat butuh bantuan, baik dari sisi penciptaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, pengangguran, dan berbagai persoalan lainnya. 

"Tentu saja  ini adalah tugas kita bersama. Tugas orang-orang yang mencintai Banten, bukan hanya tugas Gubernur-Wakil Gubernur, Wali Kota-Wakil Wali Kota/Bupati-Wakil Bupati," kata Ruki saat acara Halal Bihalal PUB di Cilegon, Banten.

PUB sendiri, kata Ruki,  sejak didirikan  2018 lalu, telah dirancang ingin terlibat dalam mewujudkan visi 'Banten Baru, Banten Bangkit, Banten Juara, Masyarakatnya Sejahtera.

Saat  ditanya wartawan siapa calon Gubernur Banten  tahun  2024  Ruki mengatakan,  sejumlah kriteria yang harus dimiliki bagi calon Gubernur Banten. Diantaranya, pemimpin harus mempunyai kompetensi untuk memimpin sebuah daerah. Sebab menurutnya menaungi semua elemen bidang membutuhkan jiwa kepemimpinan.

Namun, lanjut Taufiequrachman Ruki, selain kompetensi, integritas juga sangat dibutuhkan bagi pemimpin supaya tidak menciderai sebuah institusi. 

"Yang harus memimpin Banten kedepan yang pertama menurut saya dia harus punya kompetensi untuk menjadi pemimpin. Kita ukur saja dia (calon Gubernur) punya kemampuan nggak menjadi seorang pemimpin," ungkap Ruki, Sabtu 3/6/23

"Yang kedua dia harus punya integritas, dia mungkin pinter tapi integritasnya di bawah standar jadi buat apa menjadi seorang pemimpin," sambungnya.

Selain itu, akseptabilitas,  kemampuan untuk berkomunikasi dengan masyarakat maupun pihak lainnya.

"Jangan jangan dia (calon Gubernur) pinter, punya integritas tapi jauh dari masyarakat. Komunikasinya juga tidak bagus jadi aksetabilitasnya tidak bisa terkontrol. Mungkin dia benar kerjanya pinter, tapi untuk menjadi pemimpin tidak cukup, aksetabilitasnya harus di terima oleh semua masyarakat. Nah untuk bisa diterima ya harus mau berkomunikasi," paparnya.

Saat ini banyak tokoh tokoh Banten yang di gadang gadang masuk bursa calon Gubernur Banten seperti, Airin Rachmi Diany, Rano Karno, Wahidin Halim, Iti Oktavia Jayabaya, Desmond J Mahesa dan Gembong R Sumedi

Namun saat ditanyakan perihal tokoh mana yang memiliki kriteria yang layak menjadi Gubernur Banten, Taufiequrachman Ruki enggan berkomentar lebih jauh.(Red/ris)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel