Diduga Tewas Gantung Diri dengan Tali Kolor Di Tahanan. Keluarga Nilai Janggal.

    


Cipasera - Kematian  tersangka Tindak Pidana Perdagangan orang (TPPO) Muhammad Soleh alias BC (23) di ruang tahanan Mapolres Pandeglang, Banten dicurigai pihak keluarga. Sebab ada kejanggalan. BC sebelum tewas sering meminta kiriman uang ke keluarganya.

Namun polisi menyebut BC tewas murni bunuh diri dengan cara gantung diri menggunakan  tali celana kolor. 

Kasi Humas Ipda Robert Irfanda mengatakan berdasarkan hasil visum yang telah dilakukan pihaknya, pada  jenazah BC terdapat  pola  luka lecet melingkari leher sesuai  ciri luka lecet pada kasus gantung diri. 

"Ini dibenarkan oleh dokter pemeriksa,” kata Robert  di Polsek Panimbang, Senin 10/7/2023. Dugaan gantung diri tersebut terjadi pada Selasa (4/7). Korban pertama kali ditemukan oleh tahanan lain sekitar pukul 06.00 WIB.

Sementara Kasat Reskrim Polres Pandeglang AKP Shilton menambahkan,  korban gantung diri dengan menggunakan tali celana kolor.  Korban mengikat tali ke pentilasi yang berada di kamar mandi ruang tahanan.

“Gantung diri menggunakan tali kolor celana yang ada dibagian dalam celana kemudian tali tersebut diikat ke ventilasi WC dalam sel tahanan,” kata Shilton.

Meski demikian, pihak keluarga menilai ada kejanggalan atas kematian BC. Agus, Paman BC mengatakan, selama ditahanan, BC sering minta kiriman uang  Rp200 ribu, Rp150 ribu. "Ke  adiknya minta Rp350 ribu sampai mohon-mohon pinjem dulu, itu SMS ke adiknya sempat minta uang sejuta. Itu hampir setiap hari kecuali pas hari besuk,," ujar Agus, paman BC seperti dikutip CNNI Minggu (9/7).

Agus  menambahkan,  keluarga dengan segala keterbatasan berusaha menuruti kemauan BC, meski mereka bingung uang tersebut digunakan apa oleh BC di balik jeruji besi.

Menurutnya, keluarga memiliki bukti transfer uang yang diminta oleh BC. Komunikasi yang dilakukan BC menggunakan handphone yang ada di Rutan Polres Pandeglang.

Agus juga mengklaim BC sempat mendapat ancaman akan dibunuh oleh seseorang jika tak mendapat kiriman uang. Ibu korban pun menangis mendengar anaknya bercerita seperti itu, sehingga kemauannya selalu dituruti.

Lebih lanjut, Agus mengatakan keluarga juga meminta rekaman CCTV jika benar BC tewas karena gantung diri. Menurutnya, keluarga merasa sangat janggal dengan kematian BC di Rutan Polresta Pandeglang.

"Itu janggalnya di situ, ya kalau betul gantung diri ada lah fotonya segala macam. Bilangnya ada CCTV di situ di awasi, kalau benar mah mana CCTV-nya?" ujarnya. (Red/CNNI/Bgs)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel