Geopark Bayah Dome Lebak Direkomendasi Jadi Geopark Nasional

   


Cipasera - Bupati Lebak  Iti Octavia menyerahkan Geopark Bayah Dome Lebak, Banten kepada Provinsi Banten untuk direkomendasi menjadi Geopark nasional. 

Rekomendasi tersebut ditandatangani bersama dengan Pj Gubernur Banten Al Muktabar di Kota Serang, Senin 10/7/23.

"Geopark Bayah Dome secara bersama-sama akan kita usahakan menjadi Geopark Nasional,” ungkap  Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar 

Dalam kesempatan tetsebut,  Al Muktabar  menandatangani surat rekomendasi pengajuan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional. Ia menjelaskan, upaya ini merupakan kontribusi Pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan yang berkelanjutan. 

Al Muktabar berharap, dengan pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional ini mampu menciptakan destinasi wisata yang melibatkan masyarakat dalam setiap perkembangannya. Sehingga, kesejahteraan bisa tercipta di Provinsi Banten.

Sesuai Surat Keputusan Nomor: 050/Kep.114-BAPELTIBANGDA/2023  merupakan Geopark Bayah Dome mencakup 15 Kecamatan, 179 Desa dan 5 Kelurahan dengan luas 201.537 Ha.  Keberadan berpotensi Warisan Geologi, Keragaman Geologi, Keanekaragaman Hayati, dan Keragaman Budaya.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ditempat yang sama menyampaikan,  kajian pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional ini sangat panjang. "Pengembangan Geopark ini merupakan perubahan dari ekstraksi ke konservasi yang menerapkan filosofi Geopark dengan memuliakan warisan bumi dan masyarakat," kata Iti.

Dengan diajukan sebagai Geopark Nasional, Iti menambahkan upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan berbagai potensi lokal yang dapat dikembangkan. Salah satunya melalui sektor pariwisata yang mampu mengakselerasi pembangunan ekonomi di daerah yang mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan diberikannya amanat menuju Geopark Nasional, tentunya kita harus mengedepankan kesejahteraan masyarakat yang tertuang dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengoptimalkan pemulihan ekonomi daerah yang tentunya mengedepankan potensi lokal,” ungkapnya. 

Iti juga menjelaskan, langkah Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional tentunya diiringi dengan program-program yang berkesinambungan dan berkolaborasi. Dengan begitu, pembangunan Provinsi Banten melalui Geopark Nasional mampu diijadikan destinasi wisata yang mendunia.(red/hm)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel