Peletakan Batu Pertama Masjid di Kasepuhan Cisungsang Lebak

 Peletakan batu pertama pembangunan masjid


Cipasera - Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan pada pelaksanaan Seren Taun Adat Kasepuhan Cisungsang 2023 pada Minggu, 27/8/2023.

Acara ini membuat gembira Pupuhu  Abah Usep. Ia lalu memberi nama masid Muktabar di kawasan adat Kasepuhan Cisungsang tersebut.

 "Ya, itu sudah nazar saya sejak dulu, tanpa ada paksaan. Siapapun yang berniat membangun masjid di sini, akan diberikan nama dia masjidnya," katanya. 

Diakui Abah Usep, selama ini warganya yang sebagian besar muslim menggunakan mushola dengan ukuran kecil untuk melakukan ibadah sholat lima waktu. 

Tidak sampai di situ, untuk melakukan sholat jum'at, dirinya bersama puluhan warga lainnya selama ini harus berjalan ke kampung sebelah, karena di wilayahnya hanya ada mushola. 

"Maka dari itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemprov Banten yang sudah memberikan fasilitas ibadah ini," ucapnya. 

Selain itu, Abah Usep juga mengaku momen Seren Taun ini menjadi yang sangat spesial karena dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Banten. 

Abah Usep juga mengaku terharu dengan bantuan penataan kawasan dan juga irigasi pertanian yang sudah beberapa tahun terakhir ini tidak berfungsi, sehingga lahan pertanian warga hanya mengandalkan sumber pengairan dari sungai besar yang jaraknya cukup jauh. 

Yang menjadi kekhawatirannya, lanjutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini pihaknya sudah mencoba membuat saluran pengairan itu berjalan, hanya saja masih sedikit.

"Terlebih aparat Desa Cisungsang sudah menyerahkan masalah irigasi pengairan itu kepada Kasepuhan, sehingga ini menjadi tanggung jawab kami sepenuhnya," jelasnya. (Red/*)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel