Ini Proyek Tandon Apa Kolam Retensi? Mengulik Dua Proyek di Dekat SMPN 24 Tangsel

     Lokasi Tandon?


Cipasera -  Di wilayah RT : 02 RW  07 Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan akan dibangun tandon air untuk mencegah banjir.

Sanudin, Ketua Rt 02, Rw 07 membenarkan hal itu dan dia berharap, pembangunan tersebut dapat terealisasi dengan baik. Dan berjalan sesuai rencana, sekaligus   melibatkan warga sekitar.

"Saya senang disini akan dibangun tandon. Sebab dengan adanya tandon lingkungan jadi bersih, indah. Namun demikian, saya belum menandatangi berkas apapun (izin lingkungan)," ujar Ketua Rt 02  Sanudin yang akrab disapa Alan beberapa waktu lalu.

Sanudin pun minta bila pembangunan selesai, tandon  tidak dipagar agar  memudahkan warganya untuk ikut membantu jika banyak sampah yang masuk ke tandon.

Menurut jadwal, proyek tandon seharusnya sudah mulai dikerjakan akhir bulan Juni 2023.Tapi saat ini  belum ada tanda dimulai. 

Pantauan media di lokasi,   masuk Agustus belum ada kegiatan yang berarti untuk  persiapan pembangunan Tandon. Hanya terlihat beberapa orang bikin bangunan menyerupai   bedeng.

Kolam Retensi

Saat proyek tersebut dicek di lpse Tangerang Selatan, ternyata judul kegiatannya berbeda. Kegiatan tersebut bernama pembangunan kolam retensi SMP 24 Tangsel. Dan pengajuannya,   dinas sumber daya air dan bina kontruksi Kota Tangsel (DSDA BMBK) tapi   pagu berbeda, yakni  Rp. 3.3 Milliar. Sementara disisi lain, ada juga proyek Tandon yang letaknya juga berdekatan pagunya Rp 5 M lebih.

Rupanya pembangunan kolam retensi tersebut,  sudah didengar warga. Rizal, misalnya, ia sudah mendengar dari aparat kelurahan. "Kata akan dibangun tandon tapi ada juga yang bilang akan dibuat kolam.  Kolam renang kalih. Keren juga SMPN punya kolam renang pribadi," selorohnya.

Samin, salah satu pekerja yang bikin bangunan serupa bedeng mengatakan,  bahwa dirinya tengah mempersiapkan kebutuhan proyek melalui tahapan. Rencananya, malam nanti akan ada kendaraan berat masuk lokasi yang menggunakan akses jalan SMPN 24 Tangsel untuk melakukan perataan lahan.

Saat cipasera.com hendak konfirmasi Kepala Bidang  SDA, Eka Pribawa  tidak ada ditempat. "Lagi tak ada ditempat," kata seorang security, Rabu 9/8/23. (Bersambung).(Tw/adt)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel