Delapan Titik Akan Jadi Target Operasi Pasar Di Banten

    Penjual beras 

Cipasera - Delapan titik lokasi menjadi target operasu pasar jelang Ramadhan 2024.  Pemerintah Provinsi Banten dan  Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan turun ke lokasi  menekan laju kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Untuk provinsi kita siapkan delapan titik nanti awal Maret ini. Kemudian nanti kabupaten/kota juga mengadakan di masing-masing kecamatan," kata 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso di Serang.

"Untuk provinsi kita siapkan delapan titik nanti awal Maret ini. Kemudian nanti kabupaten/kota, " kata Babar seperti dikutip Antara Senin 26/2/24.

Babar tegaskan, operasi pasar yang dilakukan di pasar-pasar tersebut nantinya akan menjual kebutuhan pokok  seperti beras, minyak, telur, daging, tepung terigu dan lainnya.

"Beras misalnya kita siapkan minimal 2 ton untuk setiap titik dengan harga beras medium Rp10.900 per kilogram," kata Babar.

Dia menilai,  tingginya harga beras premium yakni kisaran Rp16 ribu per kilogram, disebabkan karena pasokan gabah lokal  berkurang. Sebab para petani baru tanam padi pada Januari yang seharusnya tanam pada November Desember 2023.

Menurutnya, karena harga gabah-nya tinggi yakni sekitar Rp8.000 lebih per kilogram. Jadi kalau hitungan pasar harga gabah sekitar Rp8.000 per kilogram, maka harga berasnya bisa dua kali lipat yakni Rp16 ribu per kilogram harga pasarnya.

Sedangkan harga komoditi lainnya seperti minyak, daging ayam dan kebutuhan lainnya masih standar.

"Kecuali harga telur ayam masih ada kenaikan rata-rata Rp2.000 per kilogram dari harga eceran tertinggi. Ini karena harga jagung masih tinggi," kata Babar.(red/antara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel