Kampung Berkelir, Kampung Mural Warna Warni

0
Kampung Berkelir, Tangerang 

Cipasera.com -Siapa sangka, kampung yang dulu kumuh dan kotor kini berubah ceria dan bersih. Itulah Kampung Berkelir. Berkat sentuhan sekitar  125  pelukis, grafis, disaner dan seniman  graffiti lainnya, bisa mengubah keadaan. 

Mulainya, sekitar 2015 lalu, untuk meramaikan  Kampung Berkelir di RW 01 Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, warga  bikin program membuat lukisan mural di dinding dikawasan tersebut. Tak dinyana ratusan seniman sukarela ikut. 

Selain para seniman, 30 warga setempat juga tak ketinggalan ikut melukis  muralnya di dinding, jalan, pot maupun infrastruktur lain.

Dengan aktivitas tersebut sekarang lingkungan RW 01 sudah dipenuhi lukisan warna warni. Tak lagi terlihat kumuh. 

"Alhdulilah, ini wujud dukungan masyarakat kepada pemerintah daerah menciptakan destinasi wisata lokal,” kata Ahmad, tokoh masyarakat RW 01. "Kalau dihitung tak kurang dari 1.121  seni mural dan graffiti yang menceritakan sejarah dan kearifan lokal ada di wilayah RW 01. "

Menurut Ahmad, lukisan mural tersebug memperkaya wawasan para pengunjung/wisatawan yang datang. Dan 
bila dilihat dari udara, kawasan RW 01 terlihat semarak dengan sentuhan warna-warna cerah di setiap atap-atap rumah.

Karena itu Kampung Berkelir jadi menarik banyak wisatawan. Hingga sekarang, Kampung Bekelir telah dikunjungi banyak wisatawan, baik itu lokal seperti dari Kalimantan Selatan, Bali, Bandung, Malang dan lainnya. 

"Turis mancanegara, mahasiswa ASEAN, wisatawan dari Inggris, Prancis dan Amerika juga pernah berkunjung kesini, " kata Dadang, warga RW 01 yang pekerja serabutan. "Mahasiswa  universitas-universitas seperti UNIS, UMN, Mercubuana, Budiluhur, UMT, STIMIK Raharja dan kampus lainnya sudah kerap kesini." (jay)