Meski Hari Libur, Update KK PPDB Tetap Ramai

0

Suasana update KK di Kantor Dukcapil

Cipasera- Untuk melayani masyarakat yang membutuhkan update KK (Kartu Keluarga) untuk keperluan PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) tingkat  Sekolah Menengah Pertama (SMP),  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Rabu, 27 /6/2018, tetap membuka pelayanan  meski 27/6 dinyatakan hari libur Pilkada oleh Pemerintah Pusat. Hanya saja, loket layanan tersenyum buka selama tiga jam dari pukul 09.00 – 12.00.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan. Dan Dukcapil menerahkan Sembilan pegawainya guna melayani. “Sembilan petugas cukup untuk melayani. Mengapa jam 09.00 baru dibuka? Petugas ada yang tinggal di daerah Kab Tangerang. Mereka harus nyoblos dulu sebelum ke kantor. Sebagai warga, mereka harus menggunakan haknya dulu,” kata mantan Kep Kesbangpolmas.

Budi menambahkan,  ia merasa senang sebab layanan pada hari libur ternyata cukup banyak juga. Rata –rata mereka melakukan update KK dan  ceking NIK. Memang pihaknya hanya membuaka layanan itu saja, khusus pada  hari Rabu, 27/6.   .

Dari pantauan cipasera.com, masyarakat yang datang hendak update cukup banyak. Terlihat sekira 50 orang mengantri dengan tertib. Mereka datang dari tujuh kecamatan kota Tangsel. Tapi terbanyak dari Serpong. “Kami sengaja datang mengingat PPDB dimulai 4 Juli. Kalau KK sudah sesuai domisili kan tenang, Mas,” kata Ny Aminah, warga Paku Jaya Serpong. “Saya dulu sebenarnya tinggal di Ciputat. Jadi KK Ciputat, sudah 3 tahun belum diganti.”
 
Pada PPDB tahun ini, domisili memang penting. Dan harus dibuktikan dengan KK. Sebab ada skor zonasi.  Siswa yang tempat tinggalnya lebih dekat dengan sekolah, punya skor cukup tinggi. Dengan kata lain, peluang untuk diterima sebagai siswa lebih besar, ketimbang calon siswa yang bertempat tinggal lebih jauh dari sekolah. Tak heran akurasi KK sangat diperlukan. Sebab aka nada kroscek data. (Red/ts/hm)