402.529 Jadi Pengungsi Akibat Gempa NTB

0
Korban gempa diantara puing.
Cipasera - Hingga Kamis, 23/8/2018 korba gempa di NTB 555 orang meninggal dunia, 402.529 orang jadi pengungsi dan 76.765 unit rumah rusak.
 Hal itu dikatakan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanganan Darurat Bencana (PDB) gempa Nusa Tenggara Barat (NTB), Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani saat memaparkan dihadapan rombongan Komisi V DPR RI yang dipimpin Fery Djemi Francis di Posko PDB Gempa NTB, Lombok Utara.
"Untuk kerusakan infrastruktur umum tercatat  1.229 fasilitias umum yang tersebar di seluruh Pulau Lombok dan Sumbawa," ujar Rizal. 
Selain itu, Rizal yang juga menjabat sebagai Danrem 162/WB tersebut menjelaskan upaya evakuasi dan penyelamatan korban saat bencana gempa, peruntuhan bangunan, pembersihan puing-puing bangunan dilakukan atas seizin pemilik rumah atau ruko dengan skala prioritas di sepanjang jalan protokol, baik di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat, maupun Lombok Utara. 
Tak hanya itu, Satgas dari Psikologi TNI pun turun bekerja sama dengan relawan psikolog membantu pemulihan mental kepada anak-anak korban gempa dengan berbagai macam permainan, seperti menggambar dan mewarnai, serta mengaji. 
"Berbagai perlombaan juga dilakukan untuk menghibur anak-anak korban gempa dilakukan oleh TNI dan Polri bersama relawan sosial lainnya," pungkas Rizal.(red/ts/rol).