Seluruh SMP di Tangsel Akan Ujian Sistem UNBK. Simulasi Dilakukan Tiga Kali

0

Kadis Dindikbud Tangsel meninjau simulasi ( Foto: Ist)
Cipasera - April nanti, tepatnya 22 - 25 akan dilangsungkan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Agar berjalan sesuai harapan,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) menggelar simulasi UNBK yang berlangsung  28-30 Januari 2019 di SMP seluruh  Tangsel. Dan menggunakan Komputer.

Menurut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono,  try out simulasi UNBK se - Tangsel  berjalan baik dan lancar. Sejumlah sekolah yang ia tinjau, berjalan sesuai standar operasi prosedur ujian.

Mantan Sekretaris Dinas Perhuhungan Tangsel ini  juga meninjau  SMP Negeri 14 dan SMP 19 Tangsel. Di dua sekolah  tersebut  tidak ditemukan kendala. Padahal di SMPN 19 ada beberapa  komputer yang   sempat digasak maling. 

“Demikian halnya di SMP Negeri 7 yang tahun lalu UNBK gabung dengan SMAN 2 Tangsel, alhamdulilah sekarang  sudah bisa mandiri,”

Masih menurut Taryono, SMP Negeri di Tangsel  jumlahnya  22 sekolah. Sedangkan SMP swasta ada 169 SMP. Tahun ini semua akan menerapkan UNBK dan semua peralatannya sudah siap.

Sebelumnya UNBK  direncanakan tiga kali simulasi. Simulasi pertama  simulasi pada  Desember 2018. Simulasi yang dimulai Senin lalu untuk kedua kalinya. Sedangkan bulan Maret nanti, simulasi  terakhir atau gladi bersih UNBK,  sebagai persiapan terakhir menjelang UNBK yang sesungguhnya.

“Kami sudah cek sarana dan prasarana untuk UNBK. Dari   server, laptop/komputer, jaringan LAN dan jaringan internet. Semua tersedia dengan baik," pungkas Taryono. (Red/t/")