Besok, Diprediksi Ribuan Warga Tangsel Hadiri "Munajat 212" di Monas

0

Foto Ilustrasi, Reuni 212. (Foto : TW)
Cipasera - Ribuan masyarakat muslim Kota Tangerang Selatan ( Tangsel) diperkirakan akan mengikuti acara Munajat 212 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis 21/2/2019.

Seperti beberapa kali acara sejenis di Monas Jakarta, puluhan ribu masyarakat Tangsel selalu ikut hadir. Mereka biasanya datang dengan naik commuter dari sejumlah stasiun, seperti stasiun KA Serpong, Rawa Buntu, Jombang, Pondok Ranji dan Jurang Mangu.

"Tapi biasanya yang bawa kendaraan pribadi juga tak kalah banyak. Mereka berkendara dengan roda empat atau motor," kata Zaasmi, Jemaah Masjid AL Ihtizam, Tangsel,"Kalau berapa ormas dan komunitas yang sudah siap berangkat, saya kurang tahu."

Ramainya warga Tangsel dalam acara acara serupa sebelumnya dikarenakan, jarak Tangsel - Jakarta tak begitu jauh. Dan banyak warga Tangsel yang bekerja di Jakarta. "Biasanya begitu pulang kerja mereka langsung ke acara," tambah Zaasmi.

Sementara jumlah keseluruhan yang akan hadir di Munajad 212 di Monas diperkirakan Ratusan ribu  umat muslim. Ini terlihat dari kesiapan Polda Metro untuk mengamankan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan  mengatakan, sekira 12 ribu personel akan diturunkan yang meliputi TNI, Polri dan aparat Pemprov DKI Jakarta.

Argo juga menyatakan, pihaknya telah menerima laporan pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Iya kita sudah terima laporannya dan siap mengamankan," kata Argo saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/2).

Tak hanya itu. Menurut Argo, Polda Metro juga akan menerjunkan Polwan berhijab untuk ikut mengamankan kegiatan tersebut.

Soal pengaturan arus lalu lintas, tambah Argo, bersifat situasional. Artinya, jika situasi lalu lintas sudah tidak kondusif maka akan diterapkan rekayasa lalu lintas.

Imam Besar Indonesia, Rizieq Shihab mengatakan Malam Munajat 212 adalah acara yang dihelat oleh Lembaga Dakwah FPI bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta. Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan sejumlah majelis taklim se-Jabodetabek.

Nanda dari MUI DKI Jakarta membenarkan bahwa pihaknya akan menghelat acara di Monas pada Kamis mendatang (21/2). Acara itu bertajuk Senandung Shalawat dan Dzikir Nasional. (Red/ts/cnn)