SMAN 4 Tangsel Juara 2 Festival Band, Tapi Kecewa Dengan Panitia


Clairvoyant menerima hadiah 
Cipasera - Band Clairvoyant dari SMAN 4 Tangsel mewakili area Jabodetabek menyabet juara kedua di ajang Pucuk Cool Jam Festival 2019 yang digelar di Lapangan Pusenif, Bandung, Jawa Barat pada  Sabtu (9/3).

Band yang digawangi Mikael (lead gitar), Johanes (drum), Bayu (bass), Dandi (vokal), Shanaya (guitar rhtym) ini sesuai nomor undian tampil sebagai band yang pertama kali tampil di ajang tersebut dengan membawakan dua buah lagu berjudul ‘She Look so Perfect’ dari Five Seconds of Summer dan satu lagu wajib karya Iga Massardi

Meski berhasil meraih juara kedua, namun ada hal yang dirasa mengganjal bagi para personil dan guru pembimbing yang juga turut hadir di acara tersebut.

“Kami bangga meraih juara kedua, begitu juga dengan personil yang lain. Namun disaat ada perasaan kecewa dengan pihak penyelenggara," kata Mikael, " Sebab  saat kami tampil ternyata  jurinya belum lengkap. Dari ketiga juri, cuma ada dua,  yaitu Budi Sulistioyuwono dan Evelinn Kurniadi. Juri yang satunya,  M. Adri Prakarsa (drummer Nidji) tak hadir hingga kami selesai tampil .

Hal senada juga dikatakan sang vokalis. Dandi  mengaku kecewa karena nggak dilihat dan dinilai langsung oleh Andri Nidji.

“Jujur saja saya  rada kecewa karena gak bisa dinilai langsung sama Adri Nidji. Juri ke tiga itu belum datang jadi ya otomatis gak bisa dinilai. Energi yang saya tampilkan di panggung pasti gak sampai jika hanya dinilai melalui video,” jelas Dandi, sang vokalis.

Menimpali apa yang disampaikan oleh Dandi, Mikael juga menambahkan,

“Memang juri ketiga bisa saja memberikan penilaian melalui video, tapi kendala pasti ada, apakah hasil rekaman videonya bagus? Itu kan masalah juga. Yang jelas kepuasan kami sebagai peserta jadi hilang, karena tidak disaksikan dan dinilai langsung dengan juri yang lengkap, itu masalahnya. Bagi kami jelas punya kebanggaan tersendiri, "tambah Mikael.

Dalam kesempatan yang sama usai anak didiknya melakukan perform, Friendska Destrigitama  sempat menyampaikan protes ke panitia. Mengapa anak didiknya tetap diminta main on schedule ketika juri belum lengkap.

“Saya sempat protes ke panitia, dan berdasarkan keterangan yang saya terima dari panitia kenapa hanya ada dua juri, karena satu juri yaitu Adri dari band Nidji sedang dalam perjalanan dan lomba harus tetap on schedule? Apakah tidak bisa ditunda sampai juri lengkap? Lalu mereka pun memberi kesaksian akan memberikan video dokumentasi band dari SMAN 4 Tangsel ketika final kepada Adri Nidji agar dapat melakukan penilaian yang objektif. Namun kebanggaan bagi anak anak tentu beda, mereka akan bangga dan terpompa semangatnya jika dilihat dan dijuriin secara langsung oleh juri yang lengkap,” jelas Friendska.

Menutup pembicaraan Mikael menambahkan, soal juri yang nggak lengkap ini bagi kami secara band bukanlah perkara kalah menang juga, tapi juga menyangkut profesionalisme penyelenggaraan dan kebanggaan kami sebagai peserta.

Melihat kejadian ini, keprofesionalan panitia dalam hal skema penjurian tentu perlu mendapat perhatian lebih. Terlepas siapa yang salah,  harus  menjadi ‘catatan tersendiri’ di acara sebesar Pucuk Cool Jam 2019 ini. Pasalnya, hal ini menyisakan kekecewaan bagi peserta yang tampil saat juri belum lengkap, yaitu SMAN 4 Tangerang, Selatan.

Band yang berhasil menjadi pemenang utama Pucuk Cool Jam 2019 berhak mendapatkan Trophy dan Grand Prize dengan Total senilai Ratusan Juta Rupiah, Scholarship SAE Indonesia dan berkesempatan merasakan pengalaman bermusik profesional berupa rekaman di studio musik SAE Indonesia dan pembuatan music video yang lagunya akan diciptakan oleh Iga Massardi. / Irish

                     ***

Berikut para juara dari 6 band dan 6 eskul finalis yang tampil diacara puncak Pucuk Cool Jam 2019.

Untuk kategori band

Juara 1,  Langit Senja, SMA Dr Soetomo Surabaya

Juara 2 Clairvoyant, SMAN 4 Tangerang Selatan

Juara 3, Sixtysix Project, SMKN 2 Kasihan Yogyakarta

Kategori Ekskul

Juara 1 – Smadance, SMAN 2 Yogyakarta

Juara 2 – Diva Dance, SMKN 1 Samarinda

Juara 3 – EDc Crew, SMAN 8 Makassar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel