Pelajari Status OPD, Pemda Banyumas Kunjungi Tangsel

0

Suana pertemuan 
Cipasera - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jateng melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Tangerang Selatan, guna mempelajari perubahan satuan OPD (organisasi perangkat daerah) dari status kantor menjafi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Muhamad mengatakan, Pemkab Banyumas berencana menaikan tipe Kesbangpol dari kantor menjadi badan. Perubahan tipe ini telah dilakukan oleh Pemkot Tangsel yang sebelumnya juga berstatus kantor.

“Mereka mempelajari mekanisme dan proses kenaikan tipe Kesbangpol. Mereka masih kantor mau dinaikan ke Badan seperti Tangsel,” ujar Muhamad usai menerima kunjungan, Rabu 21/8/2019

Muhamad menambahkan, dalam pertemuan juga dibahas Permendagri nomor 11 tahun 2019 yang menyatakan Kesbangpol harus tipe A dengan empat bidang. Namun di Kota Tangsel eksisting saat ini masih menggunakan dua bidang yakni bidang Politik dan Kesatuan bangsa.

“Kalau kita secara tipe sudah naik, kedepan Pemkot Tangsel akan menambah bidang dari dua menjadi empat bidang,” kata Muhamad

Keberadaan empat bidang dalam Kesbangpol guna menjawab dinamika dan perkembangan di Kota Tangsel meliputi Permasalahan keamanan dan warga negara.(HMS/*)