Pendiri MER-C Akan Dimakamkan Hari Ini Seusai Dzuhur

0
dr Jose Rizal Jurnalis

Cipasera. Telah berpulang kepadaNya. Innalillahi wa innailaihi raajiuun.  Dunia medis kemanusian kehilangan tokohnya, dr Jose Rizal Jurnalis, pendiri sekaligus Dewan Pembina lembaga kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee)  meninggal dunia pada Senin dini hari 20 Januari 2020 pukul 00.38 WIB.

Pendiri Rumah Sakit di Gaza, Palestina ini meninggal dalam usia 56 tahun di RS Harapan Kita, Jakarta. Sebelumnya dr Jose   dirawat di ruang intensif (ICU) RS Harapan Kita sejak akhir Desember 2019 lalu.

“Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan beliau. Terima kasih atas segala doa dan perhatian dari kerabat, teman, relasi, saudara-saudara seperjuangan selama beliau sakit hingga akhir hayatnya,” tulis Keluarga Besar MER-C,  Senin dini hari (20/01/2020).

Putra  Mantan Rektor Univ Andalas, Padang ini jenazahnya  disemayamkan di Pendopo Silaturahim, Jl. Kalimanggis Raya No. 90 Cibubur, Bekasi. Kemudian dishalatkan ba’da Dzuhur di Masjid Silaturahim dan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Dokter Jose adalah dokter spesialis ortopedi, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Ia lahir di Padang pada 11 Mei 1963.

Jose adalah putra dari Prof Dr. Jurnalis Kamil, seorang akademisi ahli pertanian yang pernah menjabat Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada periode 1984-1993. Sedangkan ibunya, Prof. Zahara Idris adalah seorang akademisi.

Jose telah dikenal kiprahnya dalam melakukan pertolongan dalam beberapa wilayah konflik, antara lain di Maluku, Mindanao, Afghanistan, Irak, dan Gaza, Palestina.  Ia juga merupakan pelopor pendirian Rumah Sakit Indonesia di Gaza sejak 2008 lalu. (Rls)