Prof Dr Tina Afiatin: Pokemon Go, Perangkat Intelejen



 
Prof Dr Tina Afiatin


Yogya- Maraknya game Pokemon Go ditanggapi oleh  Prof. Dr Tina Afiatin, Mpsi Dekan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Menurutnya, di balik Pokemon Go  ada misi tersembunyi di balik game Pokemon GO, salah satunya menjadi alat intelejen. Berikut tulisan Prof Tina yang beredar di WA dan telah dibagikan puluhan ribu orang.

Tahukah anda mengapa saya sebut permainan ini adalah perangkat intelijen yang sengaja diciptakan untuk merekonsiliasi data citra fisik valid untuk memetakan setiap sudut wilayah negara-negara dimana para user mengaktifkannya.

Dikala satelit yang digunakan oleh Google Earth dan Google Maps tak mampu menjangkau gambaran sempurna 3 dimensi dalam sebuah wilayah, maka mereka menggagas ide baru memanfaatkan kebodohan para gamers atau gadget maniac dalam menjalankan agenda maping intelijen NWO untuk memetakan sistem pertahanan dan unit-unit vital setiap negara lewat game yang mengoneksikan fitur kamera, maps dan data celular.

Coba bayangkan jika seluruh Pejabat, Tentara, Polisi, PNS dan masyarakat awam berbondong memainkan game Pokemon GO (BLOK) ini di wilayah kerja masing-masing. Berapa banyak data valid bangunan fisik serta citra ruang yang harusnya bersifat rahasia bagi suatu pertahanan negara dapat diakses hanya karena kebodohan orang-orang itu yang seolah-olah diminta mencari binatang bernama Pokemon itu.

Hal ini mengingatkan saya pada sebuah teknik operasi intelijen yang dijalankan USA melalui eksploitasi dan analisis pencitraan dan informasi geospasial dalam menggambarkan fitur fisik dan aktivitas secara geografis di Bumi atau yang mereka sebut Geospatial Intelligence.

Salah satu contoh pemanfaatan yang sangat jelas terlihat adalah pemanfaatan aplikasi geoweb seperti Google Earth dan Google Maps oleh pasukan Amerika Serikat dalam operasi penyergapan, penangkapan dan pembunuhan Osama bin Laden di rumah persembunyiannya pada tanggal 2 Mei 2011 yang lalu.

Berkat Google Maps dan Google Earth, mereka dapat mengikuti perjalanan Bin Laden mulai dari Khartoum sampai Jalalabad sampai daerah terpencil di mana ia bersembunyi lalu menemui akhir hidupnya di pakistan.

Jika hal itu baru menggunakan sistem Google Earth yang hanya mencitrakan bentuk datar dari atas satelit lalu bagaimana jika sistem itu semakin sempurna dengan metode yang tak diduga-diduga dapat mengumpulkan data fisik 3D faktual lewat sebuah aplikasi game.

Bayangkan jika para menteri-menteri, jenderal-jenderal, perwira-perwira tinggi Tentara/Polisi, DPR, Serta seluruh perangkat pegawai negeri sipil ikut latah memainkan game tersebut akibat "booming trend". Berapa banyak rahasia data citra fisik yang bisa didapatkan gratis oleh provider game yang telah bekerjasama dengan Institusi Intelijen Dunia itu.

Oleh karena itu jangan anggap remeh sebuah teknologi berkedok entertainment dan saya harap Presiden dapat memberikan warning kepada para perangkat negara untuk tidak memainkan game tersebut dan bahkan karena berpotensi sebagai ancaman bagi pertahanan dan keamanan negara maka game itu sah untuk di bloking di Indonesia.

Mari asah terus daya nalar dan kesadaran. Teknologi pada satu sisi memang bermanfaat tapi jangan sampai anda dieksploitasi oleh Teknologi.***

Konfirmasi:
cipasera.com mencoba menghubungi Prof Dr Tina Afiatin, namun yang bersangkutan tak bisa dihubungi. Menurut detikcom yang menghubungi pihak Fakultas Psikologi UGM,  nama Dekan Fakultas Psikologi UGM bukan seperti yang ditulis dalam pesan tersebut, Prof Dr Tina Afiatin, MPsi. Nama Dekan UGM yang benar adalah Supra Wimbarti, MSc, PhD (18/Juni).Memang di Fakultas Psikologi ada dosen bernama Tina Afiatin. Namun tidak menjabat sebagai dekan dan tidak pernah menulis pesan tersebut.

"Memang nama tersebut merupakan dosen di Fakultas Psikologi UGM, tapi tidak pernah menulis soal itu," kata Supra. Supra mengatakan, sejak pesan itu menyebar luas, Tina banyak mendapat pertanyaan bertubi-tubi dari rekannya. Dia terganggu dan WA-nya  dimatikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel