Silpa APBD Kota Tangerang Capai Rp 1,171 Triliun




Suparmi, Ketua DPRD  Kota Tangerang
Tanpa diduga, APBD Kota Tangerang tak mampu diserap  SKPD (Satuan Kerja  Perangkat Daerah) yang ada. Akibatnya  terjadi  sisa perhitungan anggaran (Silpa) di Kota Tangerang pada tahun anggaran 2015 mencapai Rp 1,171 Triliun.

Menurut  sebuah sumber di Pemkot, silpa yang cukup besar membuat Walikota Arief ranchman mempertanyakan anak buahnya. Sebuah informasi yang beredar, tak terserapnya anggaran lantaran proses lelang dan administrasi tak dipenuhi.

“Kami takut, tanpa dokumen lelang yang clear,  tak berani mengeluarkan SPK,” kata sebuah sumber yang tak mau disebut namanya. “ Kalau dokumen tak clear, kita-kita yang betanggung jawab secara hukum. “

Namun alasan tersebut tak bisa diteima oleh DPRD. Ketua DPRD menyatakan,  bila ada kendala di lapangan sudah semestinya  Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD)  aktif keliling memotivasi. Ini suapaya  silpa “menggunung”.

“Seharusnya proses penyusunan anggaran diharapkan bisa lebih matang dan komperhensif, terutama dalam hal perencanaan. Terlebih dahulu harus ada sinkronisasi antara pihak terkait dalam menghadapi kendala yang terjadi dalam penyerapan anggaran,” kata Ketua DPRD Suparmi kepada pers (12/8).

Menurut  Suparmi 2016 ini setiap dinas harus menyerap anggaran 90 persen. Namun dari laporan yang diterima, hingga Juli 2016 ini beberapa dinas baru menyerap anggaran sekitar 40-50 persen. (TT)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel