Ular Terbesar dan Terberat, Anaconda dan Piton

Ular piton (foto: ist)
Cipasera.com - Ular adalah kelompok reptil yang mengesankan. Makhluk ini telah ada selama jutaan tahun dan mampu bertahan dalam berbagai iklim dan ada di tiap benua kecuali Antartika.

Tapi ular jenis apa yang paling berat? Tak jelas. Yang pasti beratnya bisa sampai 250 kg, sementara  yang tumbuh hingga 9 meter, yakni piton atau Python reticulatus di Asia Tenggara dan India dan  menjadi ular terpanjang di dunia. Reptil  ini memiliki berat rata-rata 125 kilogram, tapi spesimen terbesar yang pernah ada memiliki berat hampir 200 kilogram.

Tidak seperti anaconda, ular tersebut menggigit mangsanya dan menelannya utuh, setelah meremas sampai mati secara perlahan-lahan.

Piton maupun anaconda raksasa, bisa jadi tidak ada  apa-apanya bagi pendahulunya, yaitu Cerrejonensis Titanoboa. Sisa-sisa fosil menunjukkan bahwa ular tersebut mempunyai panjang 12 meter, dengan berat 1.250 kilogram. Dan rakasa ini ditemukan  di Kolombia pada tahun 2009.

Para ilmuwan menggunakan hubungan matematis antara ukuran tulang dan panjang tubuh, dalam menentukan berat ular kuno tersebut. Reptil ini diyakini telah hidup di bumi sekitar 58.000.000-60.000.000 tahun yang lalu. (Livesciense)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel