Kabid PJU Kota Tangsel Ajak Masyarakat Lapor Bila PJU Mati


Cipasera - Penerangan Jalan Umum (PJU ) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai sudah cukup baik. Setidaknya, jalan - jalan yang ramai lalu lintasnya sudah terpasang  penerangan sehingga jarang terjadi kecelakaan atau kriminalitas. Namun karena wilayah PJU di Tangsel cukup luas, ada saja lampu  PJU yang mati akibat hujan atau gangguan teknik lainnya sehingga jalanan menjadi gelap bila malam.

Untuk itu, Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel Muhamad Saleh Musa, berharap masyarakat peduli lingkungan dan melaporlan kepada pihaknya untuk ditangani.

"Petugas kami akan segera merespon dengan memperbaikinya. Kami memiliki alat yang memadai, " kata Muhamad Saleh Musa.

Lebih jauh Musa menjelaskan, ada beberapa cara untuk melapor jika menemukan kondisi jalan gelap lantaran lampunya mati atau  karena memang belum memiliki penerangan.

"Bisa telepon ke call centre kita atau mengirimkan surat dari RT/ RW," kata Musa di kantornya, Kamis (6/11/2019).

Untuk call centre-nya, warga Tangsel  dapat menghubungi nomor: 0877 7123 4599. Tak hanya itu,  jika melalui surat bisa langsung dikirim  ke kantor Bidang PJU dan Pemakaman di Gedung III Pemerintahan Kota Tangsel Jln Maruga Raya No 1, Sarua, Ciputat.

M. Saleh Musa
Musa mengakui, kondisi jalan yang gelap kerap berpotensi menimbulkan kriminalitas, oleh karena itu ia mengajak peran serta masyarakat untuk bekerja sama bersama Bidang PJU Disperkimta.

"Siapa saja boleh lapor, kalau memang ada ," katanya. "Kami memiliki petugas yang siap menangani."

Musa juga menyatakan, pihaknya memiliki tim monitor yang bertugas memantau PJU. Namun luasnya wilayah, masyarakat diharap peduli dan berpartisipasi  lingkungan membantu jika melihat ada jalan yang gelap.

Agar Kota Tangsel sesuai program RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ) pihak Disperkimta  terus memasang PJU.  Tahun  2018  sudah meliputi 2000 titik atau 222 lokasi pembangunan dan pemeliharaan PJU di Tangsel

"Di tahun 2017 lalu, terdapat 3.509 titik pembangunan PJU. Sedangkan pada tahun 2016 mencapai 3.310 titik," tambah Musa.

Sementara 2019 sebanyak 3.990 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang untuk menerangi 205 jalan lingkungan yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pemasangan lampu PJU ini merupakan usulan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Rinciannya, di wilayah Serpong ada 27 lokasi, Pamulang 21 lokasi, Ciputat 28 lokasi, Serpong Utara 26 lokasi, Ciputat Timur 19 lokasi, Setu 20 lokasi dan Pondok Aren sebanyak 58 lokasi yang akan dipasang pada akhir Februari hingga Desember 2019.

“Tahun ini, prioritas unit PJU  jalan lingkungan, setelah jalan-jalan arteri, kolektor, dan jalan lokal yang telah selesai,”  ungkap.

Dikatakan Musa, setelah unit PJU di jalan-jalan telah terpasang, pihaknya tinggal melakukan peningkatan dan perawatan sesuai dengan kebutuhan.

Ada 5 mobil keliling untuk   pemantauan dan pemeliharaan 22.010 unit PJU yang terpasang.

"Disamping perbaikan rutin, kami memiliki petugas  piket malam untuk meminimaliasir PJU mati,” pungkas Musa. (Adv)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel