Keberhasilan PSBB di Tangsel Baru 60 Persen

Airin
Cipasera - Setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlangsung 11 hari di Tangsel hasilnya belum maksimal, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany berniat untuk memperpanjang PSBB setelah berakhir tanggal 3 Mei nanti.

Namun Airin menegaskan,  keinginan tersebut setelah ada kebijakan dari Gubernur Banten serta kesepakatan bersama dari Bupati Tangerang dan Walikota Tangerang perlunya perpanjangan masa PSBB.

"Kita tentu harus  mengikuti kebijakan dan arahan Gubernur," kata  Airin Rachmi Diany, Rabu (29/4/2020).

Airin menyebutkan, berdasarkan evaluasi harian tingkat  keberhasilan PSBB di Tangsel baru  berada di angka 60 persen. Padahal, idealnya kepatuhan masyarakat terhadap PSBB 90 persen. Masyarakat masih terlihat berboncengan naik motor, tak pake masker dan banyak tempat usaha masih operasional.

Persentase keberhasilan 60 persen itu diluar jumlah kasus  COVID-19 yang sejauh ini masih bertambah.

"Saya diskusi dengan para direktur rumah sakit, kami tidak bisa menunjukkan relevansi PSBB dengan data ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan) dan positif. Saya tidak bisa jelaskan," kata Airin terus terang

Airin juga menyatakan, dirinya tidak berani menyampaikan, apakah PSBB bisa mengurangi ODP, PDP, dan positif. Karena tidak punya data akurat secara real time, untuk (pasien) positif. Tapi yang pasti pemantauan terhadap ODP, PDP, positif dan rapid tes terus kita lakukan.

Dari evaluasi yang dilakukan, perpanjangan masa PSBB itu dirasa perlu, karena selama 11 hari pelaksanaannya, masih cukup banyak  warga yang tak mengindahkan ketentuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut. (Red/ts/tn)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel