Sudah Koordinasi dengan Tiga Gubernur, PSBB Akan Diterapkan di Tangsel

Airin RD
Cipasera -  Walikota Tangerang Selatan (Tangsel)  Airin Rachmi Diany menegaskan, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akan segera diberlakukan di Tangsel. Dan sekarang dirinya sedang memproses persyaratan dan persiapannya.

“Saya sampaikan  ke masyarakat, terkait PSBB kita sudah koordinasikan dengan  Gubernur Banten.  Juga gubernur DKI dan perwakilan  Jawa Barat untuk wilayah Jabodetabek, "kata Airin di Balai Kota Tangsel saat menerima bantuan APD (Alat Pelindung Diri), Kamis, 9/4/2020.

"Dan pak Gubernur Banten  menyarankan agar kami masing masing untuk menyampaikan surat PSBB ke Menkes.  Hasil rapat dengan OPD dan saran dari Gubernur,   serta data tentang SPBB  yang akan kita sampaikan  sudah ada.”

Walikota dua periode ini  selanjutnya mengatakan, dari hasil masukan semua pihak, memang kita harus lakukan PSBB. Sebab  tidak mungkin PSBB dilakukan  oleh DKI Jakarta saja,  tanpa  kebersamaan dengan wilayah Bodetabek. Kita tahu,  rata rata masyarakat kita aktifitasnya bekerja di Jakarta.

"Jadi harapannya,  kalau kita sama,  kita bisa segera memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” kata Airin.

Airin menambahkan, memutus mata rantai dapat dilakukan di hulu dan fokus memutus mata rantai, sedangkan  di hilir menyiapkan sarana prasarana. Dengan begitu ada keterpaduan.

“Mudah- mudahan ikhtiar usaha kita dalam menyelesaikan covid bisa segera selesai,” terangnya.

Mengenai dana anggaran untuk pemberlakuan PSBB dan selama tanggap darurat percepatan penanganan covid-19 hingga PSBB nanti? Airin mengatakan, menurutnya sekira Rp 100 miliard.

“Anggaran yang sudah kita lakukan yaitu pergeseran.  Bukan hanya soal PSBB saja.   Sampai hari ini kurang lebih Rp 100 miliard.  PSBB termasuk dalam anggaran tersebut. Kan ada tiga indikator. Pertama bidang kesehatan, kedua jaring pengamanan sosial, ketiga tentu keamanan dan distribusi barang juga lainnya. Ini yang sudah kita rumuskan bersama- sama," papar Airin panjang lebar. "Alhamdulillah pak Gubernur DKI akan berbagi pengalaman. DKI untuk menuntaskan PSBB besok (Jumat) mulai diberlakukan dan itu menjadi satu kesatuan.”

Dikatakan juga oleh  Airin anggaran PSBB dari  APBD Tangsel  masih terus bergerak. Jumlah tersebut di luar dari bantuan Presiden. Juga bantuan dari  Prov Banten yang belum ketahuan jumlah nominalnya. (Red/*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel