107 Petugas Kab Tangerang Akan Diterjunkan Periksa Hewan Kurban

Penyembelihan kurban sebelum pandemi covid 19
Cipasera -  Pemerintah Kabupaten Tangerang mempertimbangkan kegiatan penyembelihan hewan kurban dilakukuan di masjid dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang saat menggelar video conference di Ruang Rapat Solear Lantai 4 Gedung Setda,  Tigaraksa.

Menurut  Maesyal Rasyied,  protokol pemotongan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini, mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114/Permentan/PD.410/9/2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban dan Surat Edaran Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non-Alam Corona Virus Disease (Covid-19) serta Surat Edaran Bupati Nomor 003.2/1891-DPKP tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Tangerang.

Mengacu pada peraturan dan surat  tersebut,  pihaknya  mempertimbangkan agar penyembelihan hewan kurban tetap dilaksanakan di masing-masing masjid. Syaratnya, saat penyembelihan hewan kurban semua petugas harus mengikuti protokol kesehatan, wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Panitia kurban wajib membentuk petugas pendistribusian agar daging kurban di bagikan  door to door agar tidak menimbulkan perkumpulan masa," kata Maeysal, Selasa 14/7/2020

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang,  Dr.H.Aziz Gunawan MM menambahkan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18/2009 juncto Nomor 14/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mengantisipasi ancaman kesehatan masyarakat yang bersumber dari penyakit hewan dan menular ke manusia (zoonosis) serta menjamin produk hewan yang beredar untuk dikonsumsi masyarakat memenuhi persyaratan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

"Untuk itu, pemeriksaan kesehatan hewan kurban maupun daging/jeroan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menerjunkan 107 petugas terdiri dari Kepala Bidang, Kepala Seksi, Jabatan Fungsional Umum, Jabatan Fungional Tertentu (PPL, Medik Veteriner, Paramedik Veteriner, Analis Pangan, Pengawas Mutu Bibit Ternak dan Pengawas Mutu Pakan)" kata Aziz.

Disebutkan Aziz para  petugas  inilah yang akan bertanggung jawab menjamin kesehatan hewan kurban dan kesehatan daging hewan kurban yang beredar memenuhi kriteria ASUH terhitung sejak tanggal 21 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020. (Red/rils)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel