Pasar Agribisnis Seluas 10 Ha Segera Dibangun Di Serang


Cipasera - Pasar Induk Agribnisnis Banten Mandiri di Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang yang dibiayai  sekira Rp 30 Miliar oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan segera dibangun.

Kepala Diaperindag Banten Babar Suharso mengatakan, pembangunan pasar induk tersebut rencananya dilakukan pada tahun anggaran 2020, namun karena terkena refocusing untuk COVID-19, pembangunan akhirnya ditunda ke tahun anggaran 2021.

"Pembangunan pasar induk rencananya dilakukan pada tahun anggaran 2020, namun karena terkena refocusing untuk COVID-19, pembangunan akhirnya ditunda ke tahun anggaran 2021. Karena ini termasuk program prioritas pembangunan daerah, maka dananya diambil dari pinjaman PT SMI, untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN)," kata Babar di Serang, 15/10/2020.

Menurut Babar, luas pasar induk dari 10 hektar lahan yang sudah disiapkan, berdasarkan DED pembangunan untuk pasar induk sekitar 3,5 hektar.

"Sisanya untuk cadangan, seperti Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan padi untuk produksi beras. Pergudangan yang dilengkapi dengan cool storage untuk menjaga agar sayur-sayuran tetap segar," katanya.

Babar mengungkapkan, saat ini kondisi lahan sudah dilakukan "land clearing" atau pemerataan lahan yang dilakukan oleh pihak ketiga pada tahun anggaran 2020 ini sebesar Rp2 miliar.

"Kita sudah lakukan semuanya sesuai dengan peraturan,"kata dia.

Diakui Babar, pembangunan itu merupakan salah satu program penting dan prioritas di Disperindag, namun setelah semuanya selesai tentu akan kami serahkan kepada BUMD Agribisnis selaku pengelola.( Ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel