Dalam Satu Jam Kebakaran Lapas Tangerang Bisa Dipadamkan. 41 Orang Tewas



Cipasera  - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly meninjau area  kebakaran  di Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang, pada Rabu, (8/9/2021). Kebakaran yang terjadi di Blok C-2 dini hari menewaskan   41 jiwa meninggal dan 81 selamat.

“ Kebakaran yang terjadi di Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang pada pukul 01:45 pagi dugaab sementara  masih dalam proses identifikasi. Kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik,” ujar Loly kepada wartawan di Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Yasonna Laoly menambahkan,  bahwa pemadaman berlangsung cepat. Untuk itu ia memuji  kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, khususnya Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kota Tangerang yang sigap.

“ Hanya butuh waktu 13 menit untuk petugas pemadam sampai di lokasi dan melakukan pemadaman,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang Ghufron Falfelli mengungkapkan,  sebanyak 12 unit kendaraan pemadam dan 65 personil diturunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi peristiwa. Walaupun akses masuk lapas tidak mudah untuk dilalui tapi para petugas berhasil menguasai titik api.

“Seperti yang kita ketahui, akses masuk ke dalam lapas itu sangat sulit dan tidak mudah untuk dilalui semua orang. Namun dengan adanya koordinasi dengan pihak Lapas, kami dapat melakukan pemadaman kurang dari satu jam,” ujar Ghufron.(red/w)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel