Wagub Banten, Pembangunan Kesetaraan Gender Meningkat



Cipasera- Wakil Gubernur Andika Hazrumy mengatakan, agar peringatan Hari Kartini kali ini dijadikan momentum untuk memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan (Nakes) perempuan yang dalam beberapa tahun terakhir ini berada di garda terdepan pandemi Covid-19.

"Ini  momentum  tepat bagi kita untuk mengapresiasi para Nakes perempuan yang selama ini berada di garda terdepan pandemi," kata Andika saat peringatan Hari Kartini di Kantor Gubernuran, Kota Serang 21/4/22.

Andika selanjutnya, peringatan Hari Kartini pada masa pemulihan pandemi Covid-19 saat ini harus dimaknai sebagai bentuk penghargaan kepada kaum perempuan yang memiliki peran utama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19. 

Data menunjukkan 71 persen dari total perawat kesehatan penanganan Covid-19 di Indonesia adalah kaum perempuan. "Hal ini jelas memperlihatkan kontribusi nyata dari perempuan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya di Provinsi Banten," kata Andika.

Selain itu, lanjutnya, perempuan juga memiliki peran strategis sebagai bagian dari penanganan pandemi Covid-19 berbasis komunitas. Salah satunya melalui PKK yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang menghimpun perempuan khususnya ibu-ibu. Para Kartini Banten itu, kata Andika, memiliki kontribusi pada ketahanan keluarga selama masa pandemi Covid-19.

Pemprov Banten sendiri, kata Andika, berkomitmen terhadap pembangunan kesetaraan gender sebagai salah satu yang utama dalam upaya memajukan para perempuan Banten. Hal itu terbukti dengan diperolehnya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya oleh Pemprov Banten sebanyak 7 kali berturut-turut.

Andika merunut, terakhir Provinsi Banten pada tahun 2021 meraih penghargaan Anugerah Parahita  Ekapraya tersebut untuk Kategori Utama. Kondisi inilah yang menjadi bukti bahwa program-program pembangunan yang sudah dilaksanakan di Banten, memang dilakukan dengan berpedoman pada strategi pengarusutamaan gender. 

Merujuk data BPS, Andika melanjutkan, Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Banten terus meningkat dari tahun 2017 sebesar 91,14 poin dan pada tahun 2021 meningkat mencapai 91,83 poin atau sedikit lagi mendekati poin 100 sebagai standar setaranya pembangunan antara perempuan dengan laki-laki.

Sementara itu Kepala Dinas DP3AKB Sitti Ma’ani Nina mengatakan,  peringatan Hari Kartini kali ini ditandai dengan pemberian penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE).

 Untuk Banten, penghargaan diberikan oleh Wagub Andika.  Penghargaan diberikan dengan tujuan,  apresiasi Pemerintah kepada perempuan yang berjasa dan berprestasi di bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Sosial Budaya, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Pertanian.

"Dan juga untuk meningkatkan kepedulian Pemerintah Daerah dalam mendorong kinerja perempuan untuk berprestasi pada bidang tersebut diatas,” kata Nina.(red/rl)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel