TP PKK Kota Medan Study Banding UP2K di Tangsel

 

    Ketua PKK Tangsel beri cinderamata


Cipasera - Dalam rangka mempelajari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), TP PKK Kota Medan melakukan studi banding  mengenai UP2K di Kota Tangerang Selatan.

Kunjungan TP PKK Kota Medan yang diketuai Kahiyang Ayu diterima oleh Wali Kota Benyamin Davnie, bersama Ketua TP PKK Kota Tangerang Selatan Hj.Tini Indrayanthi Benyamin Davnie, Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan, dan Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel. Selasa (9/8).

Ketua TP PKK Kota Tangerang Selatan Hj.Tini Indrayanthi Benyamin Davnie menyampaikan, TP PKK Kota Tangerang Selatan terus berkontribusi membangun kesejahteraan mulai dari keluarga. 

"Kami punya koperasi yang diberi nama PKK Mart. Ini sebagai tempat untuk memperkenalkan dan menjual produk produk UMKM yang meningkatkan pendapatan keluarga," terangnya.

TP PKK Tangsel telah banyak menghasilkan prestasi. Mulai dari Pakarti Utama II UP2K tingkat nasional tahun 2017 dari Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu. Serta, Pakarti Utama II UP2K tingkat nasional tahun 2018 dari Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur.

Selain itu, komitmen TP PKK Kota Tangsel untuk membina dan memberikan kesempatan untuk berkarya bagi Warga Negara Berkebutuhan Khusus (WNBK).

"Ini berkat dukungan dan kolaborasi dari semua, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan dinas- dinas terkait," katanya

Sementara itu, Wali Kota Benyamin menyampaikan kunjungan TP PKK Kota Medan ke Tangerang Selatan sebagai bentuk apresiasi dari TP PKK Kota Medan karena melihat Kota Tangerang Selatan sangat optimal dalam pengembangan UP2K dan juga kampung PKK.

"Banyak hal kami diskusi, terutama soal produk-produk UMKM warga Tangerang Selatan. Mulai dari makanan, pakaian, air, handicraft dan lain sebagainya," kata Benyamin 

Benyamin menjelaskan bahwa Tangerang Selatan terus tumbuh menjadi kota maju. Hal ini tidak lepas dari posisi geostrategis Tangerang Selatan yang berbatasan dengan pusat pertumbuhan. Oleh karenanya, pilihan yang tepat bagi TP PKK Kota Medan untuk mengunjungi Tangerang Selatan.

"Suatu kehormatan bagi kami di Tangerang Selatan, dikunjungi oleh TP PKK Kota Medan," kata Benyamin

Lebih lanjut, dia mengatakan kolaborasi antara sektor pemerintah dan swasta di Tangerang Selatan terjalin dengan baik. Terutama, dalam hal pemberdayaan masyarakat yang berbasis keluarga.

Dalam mewujudkan hal tersebut juga dibutuhkan kreativitas dan inovasi terus menerus. Dari sini lah akan ditemukan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada.

"Oleh karena itu peningkatan usaha yang sudah ada, diharapkan dapat dioptimalisasi semaksimal mungkin. Mulai mengoptimalkan bahan-bahan baku lokal dari Kelurahan untuk mendukung UP2K," pungkas Benyamin.

Kahiyang Ayu selaku ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan menyampaikan bahwa ini adalah kunjungan keluar yang pertama dilakukan TP PKK Kota Medan. 

"Kami ke Tangerang Selatan untuk belajar UP2K nya, kebetulan di Medan masih kurang," kata Kahiyang.

Saat ini fokus di Kota Medan adalah mendukung dan mensukseskan program Wali Kota Medan mengenai Sakasanwira. Dimana, Satu Kelurahan Satu Sentra Usaha.

"Jadi satu Kelurahan di Kota Medan harus mempunyai dan membuat khas UMKM. Tapi Di sini kita juga mau belajar dan berdiskusi," tutupnya.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel