68 Longsoran di Lebak Mulai Dibersihkan Alat Berat

     sebagian tanah longsor di Lebak

Cipasera - 68 titik longsoran yang menutupi sejumlah jalan akibat hujan deras mulai dibersihkan oleh DPUPR Prov Banten dengan menurunkan alat berat.

"Sejak hari Senin kemarin akses jalan sudah terbuka, saat ini tinggal pembersihan sisa material longsoran," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten Arlan Marzan di Serang seperti dikutip Antara, Rabu 12/10/22.

Arlan menhungkapkan,  68 titik longsoran  di dua ruas jalan tersebut  terjadi akibat tanah tidak mampu menahan debit air hujan yang turun cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Menutut Arlan, dua ruas jalan itu yakni jalan Cipanas - Warung Banten sebanyak 23 titik dan Jalan Cikotok hingga perbatasan Jabar sebanyak 45 titik.

Adapun  alat berat yang dikerahkan untuk membersihkan sisa material longsor tersebut diantaranya 2 Wheel Loader dan 2 ekskavator. Tidak sampai di situ, pihaknya juga akan menyiagakan alat-alat berat tersebut untuk daerah yang rawan bencana lainnya.

Sementara untuk jalan yang rusak, ada 15 titik di jalur Cikotok sampai perbatasan Jawa Barat. Jenis kerusakannya terbilang ringan, hanya bahu jalan dan badan jalan saja.

“Kami akan segera memperbaiki kerusakan tersebut," kata Arlan.

Terkait,  Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan, Pemprov Banten memberikan dukungan penuh terhadap penanganan kedaruratan bencana banjir di Kabupaten Lebak.

“Kita akan terus pantau dan memberikan bantuan sesuai dengan kewenangan masing-masing,” katanya.(red/ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel