Ngeri...37 Warga Sepatan Terinfeksi TBC. Ini Gejala Tuberkulosis

             ilustrasi

Cipasera -  TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit menular.Penularannya cukup cepat. Di Kec Sepatan, Kab Tangerang, Banten 37 orang terinfeksi TBC. Hal itu diketahui setelah diadakan skrining terhsdap 127 warga disana.

Dilansir Antara, Kepala Puskesmas Sepatan, Kabupaten Tangerang David mengatakan, 

temuan kasus TBC yang ada di Kecamatan Sepatan ini merupakan hasil deteksi dini atau skrining terhadap 127 warga setempat yang terindikasi menderita TBC.

David menyebutkan dari 37 orang yang dinyatakan terinfeksi tuberkulosis tersebut, rata-rata mereka tertular dari keluarga terdekatnya yang juga menderita TBC.

"Warga yang diskrining ini merupakan orang-orang terdekat para penderita TBC atau keluarga terdekat yang kontak erat dengan pasien penderita TB Paru," ujar David Rabu 18/1/2

Ia mengungkapkan bagi masyarakat yang terdiagnosa TBC akan langsung mendapatkan penanganan oleh Puskesmas Sepatan dan menjalani perawatan selama enam bulan.Di Puskesmas ada obatnya, dan proses pengobatannya selama enam bulan.

David memaparkan, untuk diketahui,  gejala awal TBC pada seseorang, di antaranya berupa batuk berdahak terus-menerus selama dua sampai tiga minggu atau lebih, sesak napas, nyeri di dada, badan lemas dan rasa kurang enak badan, nafsu makan menurun, berat badan menurun.

"Biasanya berkeringat pada waktu malam hari, meskipun tidak melakukan kegiatan. Jadi, apabila ada gejala batuk lebih dari dua minggu tidak sembuh, sebaiknya segera periksa kesehatan ke Puskesmas," pungkas David (red))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel