Kata Pejabat, Pengangguran Turun 10% Di Kab Tangerang

      Pekerja di sebuah pabrik ( ilustrasi)

Cipasera  - Pengangguran di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten kini menurun. Hal ini terlihat dari data BPS (Badan Pusat Statistik)  pada tahun 2022. 

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Rudi Hartono seperti dikutip Antara News,  data BPS pengangguran di wilayah Kab Tangerang sebanyak 155.846 orang pada 2022.  

Angka tersebut menurun sebanyak 10.952 orang atau sebesar 7,02 persen dibandingkan dengan angka tahun 2021 yakni sebanyak 166.798 orang,.

Masih menurut Rudu, penurunan angka pengangguran tersebut selama tahun 2022 tidak lepas dari upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menyebarluaskan informasi lowongan kerja.

"Salah satu penyebab tingginya angka pengangguran adalah informasi lowongan pekerjaan yang tidak tersampaikan kepada para pencari kerja," kata Rudi, Selasa 3/1/23.

"Dengan penyebarluasan informasi lowongan pekerjaan seperti job fair online dengan menggunakan aplikasisiapkerja.tangerangkab.go.id, 

kami merasa sangat efektif untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang," ia menambahkan.

Selain meningkatkan penyebarluasan informasi lowongan pekerjaan, ia mengatakan, Dinas Tenaga Kerja memfasilitasi perusahaan melakukan perekrutan tenaga kerja secara daring maupun luring.

Dia juga mengemukakan bahwa angka pengangguran di Kabupaten Tangerang pada awal pandemi tahun 2020 sempat melonjak menjadi 13,06 persen dari  8,91 persen pada 2019.

Peningkatan angka pengangguran tersebut, menurut dia, berhasil diturunkan berkat program-program pemulihan ekonomi yang gencar dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Ia menyampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Tangerang pencari kerja paling banyak berada di Kecamatan Cikupa, Balaraja, dan Pasar Kemis.

"Pencari kerja terbanyak berasal di tiga lokasi tersebut karena memang lokasi tersebut merupakan kawasan industri, sehingga pencari kerja terpusat di wilayah kecamatan tersebut," ujar Rudi.(red/Antara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel