Bisnis Kolaborasi Media Menjanjikan Profit Menggiurkan


Cipasera - Dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara (Sumut), sejumlah diskusi atau seminar digelar. Salah satunya, diskusi bertajuk “Transformasi Jurnalis Menjadi Pengusaha Media di Era Digital”  di Mercure Hotel, Medan Rabu 8/2/2023.

 CEO Promedia Indonesia Agus Sulistriyono mengatakan pada diskusi tersebut,  peluang para jurnalis atau wartawan menjadi pengusaha di era digital saat ini sangat besar. Dirinya memberikan beberapa contoh wartawan yang kini menjadi pengusaha medua,  dengan omset perbulan Rp 1 juta per bulan hingga hampir Rp 1 Miliar.

Dikatakan Agus Sulistriyono, Promedia selaku penggagas ekosistem media jurnalistik daring yang terintegrasi, memiliki semangat untuk terus mencetak pengusaha media (mediapreneur) berbasis kolaborasi. Saat ini sudah ribuan media berita daring yang telah bergabung bersama Promedia.

“Kami mengajak teman-teman wartawan untuk menjadi pengusaha. Kita berkolaborasi bersama. Sangat mudah prosesnya, teman-teman yang mengolah berita atau konten, kami yang mempersiapkan seluruh kebutuhannya,  dari server, tim IT dan lain sebagainya yang diperlukan,” ujar Agus.

Agus juga mengubgkapkan, sudah ribuan online yang bekerjasama dengan pihaknya. Untuk penghasilan bermacam-macam. Di akhir tahun 2022 lalu, ada yang berpenghasilan puluhan juta, ratusan juta sampai dengan hampir Rp 1 Miliar.

"Kami yakin, teman-teman bisa untuk menjadi pengusaha dengan omset yang tentunya tergantung dari apa yang teman-teman beritakan dan dibaca oleh masyarakat luas,” kata Agus.

Agus menambahkan, tidak ada kesulitan untuk berkolaborasi bersama bisnis yang diolahnya. Wartawan yang ingin bergabung minimal harus berkelompok minimal tiga orang dan juga terdaftar di Dewan Pers. Bila belum, bisa dilakukan sambil berjalan atau proses.  Menurutnya, ini menjadi peluang terbaik untuk media-media daerah bekerja sama mengembangkan bisnis bersama. Dengan kreatifitas dan kemampuannya, ia yakin konten atau berita yang dibuat menjadi menarik dan dibaca masyarakat sehingga menghasilkan uang. *


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel