Setelah Raih Sertifikat Adipura, DLH Gelar "Tangsel Green and Clean 2023". Walikota: Semua Elemen Masyarakat Partisipasi

Kadis LH mengangkat Sertifikat Adipura disamping Walkot Tangsel

Cipasera - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kepedulian lingkungan,  Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan (Tangsel)  meluncurkan  ajang   Tangsel Green and Clean 2023 (TGaC) di Auditorium Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Setu, Tangsel pada Rabu 08/03/2023

Program TGaC  merupakan program ajang  menata lingkungan yang melibatkan semua unsur lapisan masyarakat,  seperti  pihak swasta, sekolah, pemerintah, media massa hingga tingkat RT di seluruh kelurahan yang ada di Tangerang Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman mengatakan,  bahwa  TGaC  jadi bentuk upaya mencapai target  RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) sesuai visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Terwujudnya Tangsel unggul menuju kota lestari saling terkoneksi, efektif dan efisien," ujar Wahyunoto.

Dan itu diimplementasikan melalui misi membangun kota Lestari tersebut dengan  mampu menangani lingkungan dan  sampah. 

"Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, kota Tangerang Selatan mampu menangani sampah.Tidak hanya itu,  Tangsel juga dianggap mampu menangani lingkungan hidup. Ini dibuktikan, kita kemarin raih sertifikat Adipura,"kata Wahyu Rabu,8/3/23

Untuk itu, kata Wahyunoto, komitmen penanggulangan sampah dan lingkungan harus terus semakin ditingkatkan dan melibatkan semua pihak yang ada di Tangerang Selatan.

Tuntutan Tim Penilai

Senada dengan itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Irfan Santoso mengatakan,  diraihnya sertifikat Adipura Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan   merupakan bentuk kerja keras. Itu karena item dan varian yang dinilai dalam survei  pihak Tim Penilai Adipura cukup banyak dan  mesti dipenuhi semua. 

"Mulai dari kebersihan jalan, ketertiban  pedagang kaki lima di pasar hingga WC Pasar dan lain- lainya. Yang jadi perhatian WC pasar. Item yang disyaratkan kita penuhi," urai Irfan. "Makanya, begitu dinilai kita lolos dan  dapat nilai bagus dari Tim Adipura."

Memang, tambah Irfan, Sertifikat Adipura diraih   selain kerja keras Dinas Lingkungan Tangsel  juga berkat dukungan masyarakat. 

     Irfan Santoso S.Sos MM


Boleh jadi karena itu, Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat membuka ajang  TGaC 2023 mengatakan,  pentingnya keikutsertaan masyarakat.

"Jadi partisipasi masyarakat yang terbaik. Ayo mulai lagi Gang Cantik, hidroponiknya ayo dikembangkan lagi, ada kader Dasawisma PKK libatkan mereka untuk mewujudkan lingkungan kita yang sehat,” ucapnya.

Dengan demikian akan terlihat  lingkungan paling hijau, lingkungan yang paling berbunga, pengelolaan sampah terbaik, kelompok pemuda-pemudi penggerak lingkungan terbaik, dan pengelolaan lingkungan terbaik.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh warga dan  54 kelurahan di  Tangerang Selatan ikut semua.  Berpartisipasi dalam penyelenggaraan Green and Clean ini," kata  mantan Wakil Walikota dua periode ini. 

Dengan  partisipasi seluruh elemen masyarakat, tambah Benyamin, akan menjadikan ajang ini sebagai momentum untuk terus menjadikan Tangerang Selatan lebih hijau dan bersih, "Sehingga layak untuk dikenang dan selalu ingin dikunjungi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ajang TGaC akan berlangsung selama 8 bulan pada 2023. Seluruh RT/RW di kota Tangsel akan diajak berpartisipasi menciptakan lingkungan hidup  bersih dan sehat dengan ikut lomba,  yang  dinilai oleh panitia dan tim ahli.*


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel