Pukul 20,15 Jalan di Tangerang Ke Merak Dipadati Pemudik

      Jln Kearah Merak padat 


 Cipasera - Kondisi arus lalu lintas di jalur arteri Tangerang-Serang menuju Merak, Banten pada H-3 menjelang Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah mulai dipadati oleh pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Kepadatan kendaraan tersebut terpantau sejak pukul 20.30 WIB, Rabu, 19 April, dengan didominasi oleh ratusan pengendara sepeda motor bermuatan barang yang dikemas dalam kardus dan tas dari arah Jakarta menuju Merak.

Kendaraan yang melalui jalur arteri Kabupaten Tangerang itu lebih ramai bila dibandingkan dengan hari sebelum memasuki masa cuti libur Lebaran.

Adapun kepadtan lalu lintas kendaraan mudik tersebut terjadi di beberapa titik, seperti di sekitar area pusat perbelanjaan, pasar Cikupa termasuk di sekitar lampu merah Tigaraksa yang menuju arah Serang-Merak.

Kemudian, begitu juga kondisi arus kendaraan dari arah sebaliknya yaitu Serang menuju Jakarta yang melalui jalur arteri Tangerang terlihat ramai lancar. Namun, kendaraan-kendaraan yang melintas ke arah Jakarta itu lebih didominasi oleh kendaraan mobil pribadi.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Binop) Satlantas Polresta Tangerang Iptu Kuswanto di Tangerang, mengatakan bahwa arus lalu lintas kendaraan pemudik yang melintasi jalur arteri saat ini telah mengalami peningkatan sekitar 30 persen dibandingkan saat puncak arus mudik lebaran periode sama tahun 2022.

"Untuk volume kendaraan arus mudik saat ini terpantau sejak sore pukul 16.00 WIB sampai sekarang mulai meningkat. Tetapi kondisinya masih terkendali tidak ada hambatan," katanya.

Menurutnya, jalur arteri Tangerang ini merupakan salah satu jalur tersibuk, karena semua kendaraan pemudik menuju pelabuhan Merak dan Ciwandan itu melintas melalui Jalan Raya Serang-Tangerang, baik dari Jakarta maupun sekitarnya.

Untuk kendaraan dari Jakarta menuju Sumatra, dikatakan dia, masih didominasi kendaraan roda dua dan rata-rata merupakan pemudik yang sedang melintas menuju pelabuhan penyeberangan.

"Di tahun ini jelas berbeda, sebab sekarang tidak ada pembatasan jadi kepadatan kendaraan itu terjadi peningkatan cukup signifikan," ujarnya.

Bila kepadatan volume kendaraan di jalur arteri Tangerang tersebut kemungkinan besar akan terjadi hingga Kamis tanggal 20 April 2023.

"Kemungkinan kepadatan kendaraan ini terjadi malam ini sampai besok, karena pada H-1 itu biasanya sudah berkurang," tuturnya.

Sebagai mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan, pihaknya telah menyiapkan beberapa skema atau rekayasa penanganan arus lalu lintas pada periode musim mudik Lebaran tahun ini.

"Jadi jika terjadi kepadatan tepatnya di pasar Cikupa, nanti kita akan ubah alur dari arah Bitung dengan di diarahkan terlebih dahulu untuk masuk ke kawasan Citra Raya sebagai penguraian," kata dia. (VOI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel