Posko Wisata Didirikan Di Anyer, Pasir Putih dan Tanjung Lesung Banten.

     Kesibukan di posko mudik


Cipasera - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten membuka posko layanan arus mudik, arus wisata dan arus baik Lebaran Tahun 2023. 

“Saya hari ini sudah berkunjung ke BPBD Provinsi Banten. Dimana ksmi  sudah mendirikan berbagai posko-posko yang berkaitan dengan keamanan arus mudik,” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti.

Dijelaskan, dalam menghadapi arus mudik, Pemprov Banten melakukan upaya dalam antisipasi penanganan bencana yang kemungkinan dapat saja terjadi selama arus mudik tahun 2023. Penanganan tersebut salah satunya kami fasilitasi melalui penyediaan posko-posko pengamanan mudik. 

“Mudik lebaran kali ini kami menyediakan 19 posko untuk yang membantu dalam mengamankan mudik lebaran,” ungkapnya.

Sesuai Data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, terdapat 2 lokasi titik utama pengaturan lalu lintas (Gatur Lalin). Selain itu terdapat Gatur Lalin yang sebelumnya telah diatur teknis pelaksanaannya. 

Selain itu, Virgojanti juga menyampaikan Banten memiliki banyak destinasi wisata sehingga memungkinkan akan banyak dikunjungi wisatawan. Untuk itu didirikan 16 posko pariwisata.

“Ini merupakan upaya bersama, dimana hari libur lebaran pasti banyak sekali masyarakat berkunjung ke daerah wisata. Dan iji antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.

Adapun untuk lokasi objek wisata yang menjadi perhatian khusus Pemprov Banten yaitu di daerah Anyer dan Carita meliputi Mercusuar, Pasir Putih, Sambolo, Bandulu, Cibeureum, Karang Bolong, Carita Matahari, Karang Kitri dan Karang Sari.

Sedangkan wilayah Pandeglang meliputi lokasi Perhutani, Pasir Putih Carita, Tanjung Lesung, Pulau Umang, Kolam renang Cikoromoy, Kolam Renang Cikole, Kolam Renang Atlit. Untuk daerah Serang terdapat lokasi wisata Wulandira, Tasikardi, Batukuwung dan Masjid Agung Banten Lama. Untuk daerah Kabupaten Lebak meliputi Binuangeun, Citorek, Bagedur, Wisata Baduy, Cibobos, Karang Taraje, Pulo Manuk dan Pemandian air panas Lebak Tirta. Sedangkan di Kota Cilegon yaitu Florida Indah dan Kelapa Tujuh. Serta di Tangerang yaitu Pantai Pulau Cangkir dan beberapa pusat perbelanjaan.

Tidak hanya posko-posko yang disiapkan, Kolaborasi dalam mengantisipasi arus mudik Lebaran Tahun 2023 di Provinsi Banten juga disiapkan melalui personil-personil keamanan yang sudah dipersiapkan di lapangan.

“Nah selain posko. Kita juga tentu menyiapkan personil keamanan yang tentunya ditujukan utk mendukung pelaksanaan mudik dan antisipasi keamanan mudik kali ini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Pemprov Banten juga melakukan kolaborasi bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam mempersiapkan keamanan mudik lebaran yang ditandai dengan pemantauan yang tidak hanya dilakukan di jalur darat dan laut, tapi melalui jalur udara yang mampu melengkapi informasi secara cepat kepada para pemudik.

“Melalui helikopter ini kita bisa gunakan untuk memantau kemacetan di jalur darat juga, sehingga upaya untuk mengurai kemacetan dapat lebih cepat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Virgojanti berharap segala strategi yang dilakukan ini merupakan langkah bersama dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.*




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel