KNEKS Beri Penghargaan Prov Banten. Wakil Presiden: Ekonomi Syariah Sejalan Dengan Ekonomi Inklusif

     Sri Mulyani saat acara


Cipasera - Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyerahkan Anugerah Adinata Syariah 2023 kepada Pemprov Banten di Jakarta, Jumat 25/5/2023.

Penyerahan tersebut disaksikan Wakil Presiden Maruf Amin yang juga Ketua Harian KNEKS . Pemprov Banten raih penghargaan pada kategori Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Ekonomi Pesantren serta kategori Program Inkubasi Usaha Syari'ah. 

KH Ma'ruf Amin mengungkapkan, arah kebijakan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia sejalan dengan arah ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dimana saat ini terus bergulir ke arah yang positif. 

Dikatakan, pangsa pasar ekonomi syariah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 45,66 persen terhadap perekonomian nasional atau meningkat 3,45 persen dari tahun 2021. Penguatan UMKM menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas untuk terus dikembangkan. 

"Perluasan akses melalui sistem pembiayaan syari'ah terus kita dorong sehingga nanti Indonesia bisa menjadi pusat dan pengembangan produk halal dunia," ucapnya. 

Sebagai informasi, Anugerah Adinata Syariah 2023 digelar oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syari'ah (KNEKS). Penilaian dilaksanakan sejak bulan Oktober 2022 lalu. 

Ada 10 kategori juara yang diperebutkan, seperti kategori keuangan syari'ah, kategori industri halal, keuangan sosial syari'ah.

Kemudian kategori keuangan mikro syari'ah, pengembangan pendidikan dan kebudayaan ekonomi pesantren, sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan, kategori kelembagaan daerah yang difokuskan kepada pengembangan ekonomi syari'ah tingkat daerah. 

Lalu kategori zona kuliner halal, aman dan sehat, kategori program inkubasi usaha syari'ah dan kategori program inovasi sektor ekonomi syari'ah. 

"Alhamdulillah dari 10 kategori itu, kita mendapatkan Dua kategori juara, yakni kategori Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Ekonomi Pesantren dan kategori Program Inkubasi Usaha Syariah," ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten usai menerima Anugerah Adinata Syariah 2023. (Red/*)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel