315 Guru Di Tangsel Ikut Pelatihan Literasi Digital. Deden Deni, Untuk Tingkatkan Wawasan dan Keahlian.

Deden Deni MM

Cipasera  - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan dan  Universitas Terbuka (UT) mengadakan pelatihan literasi digital bagi guru - guru PAUD hingga SMA di UT Pondok Cabe, Tangsel Banten, Kamis 15/6/2023.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Deden Deni, pelatihan  literalisasi digital bagi guru-guru ini agar guru - guru mengikuti perkembangan teknologi digital memperluas wawasan dan mengembangkan ketrampilan.

"Program kerja sama ini  telah berjalan setahun belakangan, dan kali ini merupakan tahun pelatihan kedua  peningkatan keahlian guru-guru dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA," kata Deden Deni kepada wartawan di UT Pondok Cabe, Kamis 16/6/2023.

Mantan Kadis Koperasi dan UKM Tangsel ini menegaskan, masyarakst harus mengikuti kemajuan zaman,  tak terkecuali guru. Sebab beberapa tahun terakhir ini,  pembelajaran jarak jauh  berbasis online sudah diterima masyarakat.

"Dengan kemajuan itu, guru butuh  kemampuan dan harus punya inovasi agar pembelajaran tidak monoton," tambah Deden. "Memang, 

masih ada sebagian kecil guru di Tangsel yang belum akrab dengan IT, terutama yang senior. Karena ini pelatihan kali ini diikuti sekira 316.  

Dr Ucu Rahayu 

Sementara itu, Dekan FKIT UT Dr Ucu Rahayu MSc mengatakan,  UT memiliki komitmen meningkatkan wawasan dan sumber daya manusia para guru. "Guru merupakan garda terdepan dan motor dalam peningkatan SDM di Tangerang Selatan,” ujar Ucu Rahayu.

Ucu menambahkan dalam pengabdian masyarakat itu, UT memberikan pelatihan kepada 315 guru dari PAUD hingga SMA. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran bagi para guru, meningkatkan literasi dari sumber pembelajaran digital, meningkatkan pengetahuan tentang pengasuhan agar dapat memberikan pengetahuan dan pendidikan sesuai karakteristik anak dan perkembangannya.

UT dalam kegiatan ini  mengerahkan para dosen dan mahasiswa dari enam program studi yakni pendidikan bahasa dan seni, pendidikan dasar, ilmu pengetahuan sosial, magister ilmu pendidikan, matematika dan ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan. Diselenggarakan mulai Juni hingga Agustus 2022 secara daring dan luring.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Rahmat Budiman, mengatakan era digital dapat memudahkan tenaga pendidik untuk dapat mengakses informasi edukatif yang terkini dengan memanfaatkan media-media digital, seperti komputer atau gawai yang terhubung ke jaringan internet. 

“Dengan literasi yang diberikan, diharapkan para guru dapat melalukan pemanfaatan dan penggalian informasi digital secara bijak,” kata Rahmat. (Ad)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel