165 Tahun Kab Lebak. Penopang Beras Prov Banten


Para pejabat memakai pakaian khas  Badui saat Rapat Paripurna.


Cipasera - Kabupaten Lebak merupakan daerah dengan  sektor agro atau pertanian potensial. Lebak pun salah satu penopang  Provinsi Banten menjadi delapan (8) besar produsen beras nasional.

Kemarin, kabupaten ini merayakan Hari Jadi ke 165. DPRD Lebak pun mengadakan Rapat Paripurna HUT tersebut di Gedung DPRD Jl. Alun-alun Selatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu 2/12/2023.

Usai Rapat Paripurna Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan menyampaikan apresiasi kepada para pihak yang turut bersama-sama membangun Kabupaten Lebak.

“Mari kita jadikan HUT ke-195 sebagai refleksi untuk Kabupaten Lebak yang lebih maju,” ujar Iwan.

Demikian pula  diucapkan Ketua DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Agil Zulfikar usai memimpin Rapat Paripurna. "Terima kasih atas pencapaiannya. Semoga selanjutnya daerah yang kami cintai tambah maju.

Pj Gubernur Banten  Al Muktabar juga sampaikan apresiasi dan penghargaan atas berbagai capaian pembangunan dan kemasyarakatan yang telah diraih Kabupaten Lebak. 

“Ada banyak kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Lebak. Tentu kita tidak berpuas diri dengan berbagai pencapaian yang telah diraih. Ke depan kita akan terus menggiatkan pembangunan ini,” ungkapnya di Gedung DPRD Lebak.

Masih menurut Al Muktabar, berdasar kesejarahan, Kabupaten Lebak berkontribusi besar tentang pemikiran ke-Indonesia-an. Ada Multatuli dan tokoh-tokoh Lebak lainnya. Semoga semangat para pahlawan itu terus menginspirasi kita dalam membangun daerah kita.

“Dibanding daerah lain, kita memiliki keterbatasan lahan. Tetapi kita masih bisa berkontribusi nomor delapan (8) dalam pangan nasional. Artinya, kekhawatiran dunia tentang pangan kita memiliki potensi di sana,” papar Al Muktabar.

Masih menurut Al Muktabar, infrastruktur Kabupaten Lebak terus membaik. Salah satunya Jalan Tol Serang - Panimbang yang sedang dibangun, pemanfaatan tata ruang 2023 - 2043 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2025 - 2045, menjadi harapan ke depan dalam rangka membangun Kabupaten Lebak. 

“Kabupaten Lebak ke depan, di antara harapannya adalah basis-basis agro. Ada banyak contoh negara atau daerah yang begitu kuat sistem agronya masyarakatnya makin sejahtera,” ungkapnya.

Dipaparkan, dengan terbukanya akses Tol Serang - Panimbang, kawasan wilayah selatan Provinsi Banten terbuka luas. Sehingga tinggal membangun sirip-siripnya untuk membuka akses ke kawasan-kawasan yang memiliki potensi agro. Hak Guna Usaha (HGU) yang terlantar diformulasikan menjadi bank tanah bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

“Kabupaten Lebak potensi agronya luar biasa. Sawah luar biasa. Positioning industri dengan agro seimbang. Banyak negara yang menekuni bidang pertanian luar biasa,” tambah Al Muktabar. (Red/t)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel