4000 Jawara Berkumpul " Deklarasi Amankan Pemilu Banten"

   Sebagian  Para Jawara yang hadir

Cipasera -  Silaturahmi antar perguruan silat pada Tapak Karuhun Banten Jilid 2 “Spirit of Banten Culture” digelar di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Minggu, 17/12/2023. Hadir sejumlah pejabat Pemprov Banten dan Kepolisian. 

Pj Gubernur Banten meminta, Paguron Silat dan para jawara diharap turut menjaga stabilitas daerah.  Pemilu 2024 membutuhkan  stabilitas daerah untuk menampung aspirasi dan partisipasi masyarakat. 

Dikatakan Muktabar,  Tapak Karuhun Banten merupakan kegiatan silaturahmi ratusan perguruan silat dengan latar belakang yang berbeda.  Dalam kesempatan ini juga ditampilkan atraksi pentas budaya debus kolosal yang disebut Tapak Karuhun Banten.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mengangkat budaya dan sejarah Banten. Dimana hal tersebut, mampu memperkuat gotong royong  dalam menyongsong demokrasi.

“Kita memiliki jawara dan pendekar dan itu sangat dipentingkan dalam rangka partisipasi masyarakat di Provinsi Banten,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, para pendekar atau  jawara juga mengucapkan deklarasi jawara Banten siap amankan pemilu. Hal ini dibuktikan sebagai hadirnya masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu 2024 yang menciptakan situasi dan kondisi  secara baik, kondusif, aman dan damai. 

Sementara itu, Ketua Umum Perguruan Pencak Silat Banten sekaligus ketua pelaksana Tapak Karuhun Banten Jilid 2 Yadi Sugiadi menyampaikan, kegiatan ini dihadiri sekitar 4000 jawara dan pendekar se-Provinsi Banten dari beberapa paguron di Indonesia. 

“Jawara dan ulama yang berkumpul saat ini totalnya berasal dari 24 peguron yang berada dalam satu wadah perguruan pencak silat Banten,” ungkap Yadi. 

Ia menuturkan, selain untuk memperkuat silaturahmi antara ulama, jawara, dan pendekar di wilayah Banten, kegiatan itu juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor MURI yang sekaligus menjadi rekor dunia. 

“Harapan kami berlangsungnya acara ini bisa menjadi mercusuar untuk persilatan di Indonesia terutama di serang Banten,” ujarnya.(red/*)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel