Selamat Jalan Bang Rizal. Meski Tak Menjabat Dia Tetap Tegar

 

     Rizal Ramlie

Cipasera - Tokoh ekonomi yang lantang mengkritik kebijakan pemerintah menghemhus nafas  terakhirnya saat dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Selasa 2/1/23. Rizal Ramli meninggal dunia meninggalkan 3 anak.

Wafatnya mantan  Menko Kemaritiman diungkap staf Rizal, Tri Wibowo Santoso.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.".

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954. Ia merupakan mantan aktivis mahasiswa yang menjadi pakar ekonomi. Rizal juga kerap mengisi jabatan eksekutif.

Selain itu, pergaulan Rizal sangat luas. Bukan hanya sebatas tokoh ekonomi dan politik. Ia juga dekat  dengan seniman dan budayawan. Salah satunya dengan penyair WS Rendra. 

"Saya pernah datangi para nelayan yang miskin. Saya survey rakyat miskin di Cirebon. Hasil survey saya kasih Rendra. Sama mas Rendra dibikin sajak Sebatang Lisong," kata Rizal suatu kali di Gedung Pusat Perfilman Kuningan, Rasuna Said. 

Tidak itu saja. Ia datangi Teguh Esha, pengarang Ali Topan Anak Jalanan saat sakit di Fatmawati. Ia  perintahkan perawat yang ada utk memindahkan Teguh ke kelas 1. Tadinya Teguh dirawat di kelas 3. 

Singkat kata Rizal yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001 itu punya solidaritas tinggi.

Selamat  jalan Pak Rizal. Semoga engkau dimasukan jannah. (cnn/red t)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel